Lebih Murah Dibandingkan Mobil Bensin, PLN: Dengan Biaya Rp 10.000, Mobil Listrik Bisa Tempuh Jarak 72 Km

Kompas.com - 15/11/2021, 08:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Minat masyarakat terhadap mobil listrik masih belum tinggi. Salah satu penyebab utamanya ialah harga mobil listrik yang relatif mahal.

Padahal, mobil listrik menawarkan sejumlah keunggulan dibanding mobil bahan bakar fosil, seperti biaya bahan bakar yang lebih efisien.

Berdasarkan hasil uji coba PT PLN (Persero), pengguna mobil listrik bisa mengeluarkan biaya bahan bakar yang lebih rendah ketimbang mobil bahan bakar fosil.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pengendara mobil listrik hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 saja untuk menempuh jarak 72 kilometer (km).

Baca juga: Mengenal PLTA Saguling, Penopang Jaringan Listrik saat Blackout

Perhitungan itu didapatkan setelah perseroan melakukan uji coba mobil listrik dengan jarak 72 km.

"Hitungannya kan 1 kWh itu bisa dapat 10 kilometer ya. Tadi kita sudah jajal 72 km. Artinya, pelanggan hanya perlu Rp 10.000 untuk menempuh 72 kilometer," ujar Darmawan, dalam keterangannya, Minggu (14/11/2021).

Jika dibandingkan dengan bahan bakar minyak (BBM), maka dengan jarak tempuh 72 kilometer, masyarakat harus merogoh kocek sekitar Rp 60.000 dengan asumsi harga BBM, Rp 9.000 per liter.

"Akselerasi mesinnya lebih bagus. Dan tidak bising. Tidak ada suara mobil listrik ini, senyap. Bagus sekali," tutur Darmawan.

Darmawan pun menilai penggunaan mobil listrik banyak membawa manfaat jika dilakukan secara masif. Pertama, mendukung upaya negara untuk mengurangi emisi karbon bisa terasa lebih cepat.

Dia menjabarkan, bensin memiliki berat jenis sekitar 0,8, jadi 1 liter bensin beratnya 800 gram. Kandungan karbonnya 90 sekian persen, tapi bukan berarti total karbon yang dihasilkan 700 sekian gram.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.