Neraca Dagang Indonesia Surplus 18 Bulan Berturut-turut

Kompas.com - 15/11/2021, 12:44 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, neraca perdagangan Indonesia pada Oktober 2021 kembali mengalami surplus sebesar 5,73 miliar dollar AS.

Tercatat baik ekspor maupun impor nasional mengalami pertumbuhan pada Oktober 2021. Namun, ekspor mengalami kenaikan yang lebih tinggi dibanding impor nasional.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, nilai ekspor nasional pada Oktober 2021 sebesar 22,03 miliar dollar AS. Sementara nilai impor pada bulan yang sama sebesar 16,29 miliar dollar AS.

"Maka kalau kita kalkulasi, neraca perdagangan kita di Oktober 2021 tercatat surplus sebesar 5,73 miliar dollar AS," kata dia dalam konferensi pers, Senin (15/11/2021).

Baca juga: Naik Rp 4.397 Triliun, Total Kekayaan Negara Capai Rp 11.098 Triliun

Dengan realisasi kinerja neraca dagang Oktober itu, membuat Indonesia mengalami surplus neraca dagang selama 18 bulan berturut-turut.

Selain itu, jika dilihat sejak Januari hingga Oktober 2021, atau secara kumulatif, Indonesia mengalami surplus sebesar 30,81 miliar dollar AS. Capaian ini lebih tinggi dibanding periode yang sama sebelumnya, yakni sebesar 16,93 miliar dollar AS.

Margo menyebutkan, komoditas utama penyumbang surplus neraca dagang Oktober 2021 ialah lemak dan minyak hewan nabati. Kemudian, komoditas yang juga turut mendongkrak kinerja dagang nasional ialah pakaian dan aksesoris.

"Mudah-mudahan kinerja ekspor akan berdampak kepada pemulihan ekonomi nasional," ucap Margo.

Baca juga: Melesat 53 Persen, Ekspor Indonesia Oktober 2021 Tembus 22 Miliar Dollar AS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.