Jualan Online Kena Pajak, Bagaimana Aturan Pajak Olshop?

Kompas.com - 29/11/2021, 15:37 WIB
Ilustrasi belanja online. FREEPIK/SNOWINGIlustrasi belanja online.
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang memiliki bisnis online shop atau jualan online, jangan lupa, Anda juga memiliki kewajiban untuk membayar pajak.

Beberapa waktu yang lalu, ramai diperbincangan di media sosial Twitter mengenai keluhan pedagang online melalui di salah satu e-commerce yang mendapatkan 'surat cinta' dari Direktorat Jenderal Pajak.

Di dalam unggahan tersebut, ia mendapat tagihan pajak hingga Rp 35 juta.

Baca juga: Apakah Bisnis Outing dan Camping Kena Pajak?

Direktorat Jenderal Pajak melalui akun instagramnya @ditjenpajakri pun menjelaskan, setiap pelaku perdagangan online atau UMKM tak terlepas dari kewajiban membayar pajak, selama ia memenuhi kriteria secara subjektif dan objektif.

"Eits jangan salaah, jualan online tetap kena pajak kalau memenuhi kewajiban subjektif dan objektif," tulis DJP seperti dikutip Kompas.com, Senin (29/11/2021).

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki online shop, Anda juga wajib memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) serta melaporkan surat pemberitahuan (SPT) tahunan.

Lalu sebenarnya, bagaimana aturan pajak jualan online?

Untuk pedagang online ship dengan penghasilan bruto tidak lebih dari Rp 4,8 miliar, maka ia akan dikenakan pajak UMKM. Besaran pajak UMKM sendiri sebesar 0,5 persen dari penghasilan bruto.

Baca juga: Pengemplang Pajak Bisa Ikut Program Pengungkapan Sukarela, asal...

Wajib pajak diwajibkan memberitahukan peredaran brito paling lama tiga bulan sejak awal tahun pajak. Pajak pun disetorkan setiap bulan dan tidak perlu lapor atas pembayaran setiap bulannya.

Sementara itu, bagi wajib pajak dengan omzet lebih dari Rp 4,8 miliar, dikutip dari dokumen Aspek Perpajakan Toko Online yang diterbitkan oleh DJP dijelaskan, skema perhitungan diberlakukan secara normal dengan pembukan atau normal penghitungan penghasilan neto.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.