Jokowi Resmikan Bandara Tebelian, Menhub: Beroperasi Kembali 17 Desember 2021

Kompas.com - 08/12/2021, 18:08 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan Bandara Tebelian di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat pada Rabu (8/12/2021). Dok. Humas KemenhubPresiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan Bandara Tebelian di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat pada Rabu (8/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Bandara Tebelian di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar) akan beroperasi kembali pada 17 Desember 2021. Bandara ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (8/12/2021).

Budi Karya mengatakan, Bandara Tebelian dibangun untuk meningkatkan aksesibilitas, konektivitas, dan mendukung industri perkebunan, pertambangan, serta pariwisata di Kabupaten Sintang, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Melawi.

"Bandara ini akan beroperasi kembali pada tanggal 17 Desember 2021, setelah sempat berhenti beroperasi akibat pandemi," ujarnya seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Menhub Yakin Bandara Tebelian Bisa Dukung Aktivitas Ekonomi di Kalbar

Sebelumnya jumlah penumpang di Bandara Tebelian mencapai 100.000 orang per tahun, namun sempat mengalami penurunan penumpang karena dampak pandemi.

Nantinya Ketika beroperasi kembali, penerbangan di Bandara Tebelian akan dilakukan oleh maskapai Wings air dengan rute Pontianak-Sintang.

Menurutnya, pembangunan Bandara Tebelian sebagai bagian perhatian pemerintah terhadap wilayah perbatasan. Kehadiran bandara ini diharapkan dapat memudahkan aksesibilitas masyarakat dan meningkatkan perekonomian wilayah sekitar.

Budi Karya mengatakan, pembangunan bandara ini sejalan dengan arahan Jokowi yang menugaskan Kemenhub untuk memberikan perhatian khusus pada bandara-bandara di perbatasan, agar filosofi untuk mempersatukan Indonesia bisa dijalankan.

"Inilah wujud Indonesia sentris yang diharapkan oleh Pak Presiden," kata dia.

Baca juga: Benarkah Bandara Kualanamu Sudah Dijual ke Asing?

Adapun pembangunan Bandara Tebelian sebenarnya telah dimulai sejak 2011, namun pengembangannya semakin intensif pada 2020.

Bandara ini memiliki terminal penumpang seluas 2.000 meter persergi yang mampu melayani 75.000 penumpang per tahun.

Selain itu, Bandara Tebelian dilengkapi dengan landasan pacu sepanjang 1.820 meter x 30 meter yang dapat didarati pesawat sejenis ATR-72/600 dengan Apron mampu menampung 4 pesawat jenis ATR-72/600 pada saat bersamaan.

Baca juga: Simak Daftar Bandara Angkasa Pura I dan Profil Anak Usahanya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.