Harga Bitcoin Anjlok di Bawah 48.000 Dollar AS, Bergerak Menuju Titik Sakit Maksimal

Kompas.com - 29/12/2021, 12:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga Bitcoin melanjutkan penurunan pada Rabu (29/12/2021), merosot ke bawah 48.000 Dollar AS, meski aktivitas pasar spot terus diredam.

Mengacu data CoinDesk, harga Bitcoin pada Rabu pukul 12.08 WIB ada di 47.823,17 Dollar AS atau turun 2,71 persen dibanding posisi 24 jam sebelumnya.

Volume perdagangan Bitcoin di pasar spot sebagian besar tetap tidak berubah dibanding hari sebelumnya.

Baca juga: 3 Kripto Ini Diramal Berpotensi Lebih Baik dari Shiba Inu Tahun Depan

Turbulensi harga mata uang kripto terbesar di dunia dari sisi kapitalisasi pasar ini terjadi saat pasar menuju masa kedaluwarsa kontrak opsi bulanan.

Sebanyak 129.800 kontrak opsi senilai lebih dari 6 miliar Dollar AS akan berakhir pada Jumat (31/12/2021) nanti, menurut data Skew.

Data menunjukkan, harga Bitcoin cenderung bergerak menuju titik “sakit maksimal” menjelang masa kedaluwarsa kontrak opsi.

Tapi, harga mata uang kripto tertua di dunia itu akan melihat pergerakan terarah yang solid dalam beberapa hari setelah penyelesaian kontrak.

Baca juga: Minat Investasi Aset Kripto? Simak Dulu Proyeksi Bitcoin dkk pada 2022

Tren pergerakan harga Bitcoin saat ini biasanya berasal dari manipulasi pasar spot oleh penjual opsi, kebanyakan trader institusional.

Kegiatan itu untuk mendorong harga spot lebih dekat ke harga strike, di mana jumlah kontrak opsi terbuka tertinggi berakhir tanpa nilai.
Itu menciptakan kerugian maksimum, yang disebut sakit maksimal, untuk pembeli opsi.

Titik sakit maksimum untuk masa kedaluwarsa kontrak opsi pada Jumat (31/12/2021) adalah 48.000 Dollar AS, menurut Blofin, perusahaan jasa keuangan kripto yang berbasis di Cayman Islands. (S.S. Kurniawan)

Baca juga: Apa Itu Bitcoin: Pengertian, Harga, dan Cara Kerjanya

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Harga Bitcoin Bergerak Menuju Titik Sakit Maksimal, Merosot ke Bawah US$ 48.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.