Dari CEO Bukalapak Jadi Anak Buah Luhut, Rachmat Kaimuddin Rela Tinggalkan Kenyamanan dan Gaji Tinggi

Kompas.com - 04/01/2022, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tertariknya seorang Chief Executive Officer (CEO) di perusahaan e-commerce untuk bergabung menjadi pegawai pemerintahan merupakan suatu keberanian. Ungkapan inilah yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin (3/1/2022).

Ungkapan keberanian ini ditujukan kepada Rachmat Kaimuddin, CEO atau Direktur Utama PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) yang kini telah melepas singgasananya di perusahaan tersebut untuk mengabdi kepada negara.

Abdian ini ia jalani di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Baca juga: Eks Bos Bukalapak Rachmat Kaimuddin Direkrut Luhut Gabung Kemenko Marves

Dengan begitu, bertambahlah satu pegawai khusus Luhut di kementeriannya. Rachmat Kaimuddin sendiri baru setahun menjabat sebagai Dirut Bukalapak, tepatnya 6 Januari 2021 menggantikan posisi Achmad Zaky.

Dia mampu mengantarkan Bukalapak sebagai perusahaan unicorn pertama tercatat perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Rachmat pun diketahui, sempat bekerja di PT Toba Bara Sejahtera Tbk, perusahaan yang diyakini milik Luhut karena ada kepemilikan sahamnya tersebut pada tahun 2012 silam.

Nah, jabatan apa yang diisi oleh Rachmat Kaimuddin di Kemenko Marves?

Baca juga: Jadi Anak Buah Luhut, Gaji Rachmat Kaimuddin Lebih Kecil Dibandingkan di Bukalapak

Rachmat Kaimuddin direkrut jadi Penasehat Khusus Menko Luhut

Rachmat Kaimuddin sejak Senin kemarin, telah resmi masuk dalam pemerintahan dan mulai menjalankan tugasnya. Luhut mengangkat Rachmat sebagai Penasehat Khusus Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Teknologi Berkelanjutan.

"Pada hari ini, Saudara Rachmat Kaimuddin akan bergabung dengan keluarga besar Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai Technology & Sustainabilty Development Special Advisor yang akan memberikan laporan dan masukannya kepada saya pribadi sebagai Menko Maritim dan Investasi," kata Luhut dalam keterangan pers virtualnya di Jakarta.

Baca juga: Luhut Ajak Kawan-kawan Sekaliber Rachmat Kaimuddin Gabung di Pemerintahan

Dengan bergabungnya Rachmat Kaimuddin di kementeriannya, diharapkan dapat mendorong terjadinya transformasi besar utamanya dalam bidang pembangunan dan teknologi Indonesia.

Menurut Luhut, penempatan Rachmat Kaimuddin sebagai Penasehat Khusus Menteri Koordinator di bidang Pengembangan Teknologi Berkelanjutan, sudah sesuai dengan pengalaman dan prestasinya di bidang tersebut.

Baca juga: Rachmat Kaimuddin Mundur Sebagai CEO Bukalapak, Bakal Emban Jabatan di Pemerintahan?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.