Jadi Anak Buah Luhut, Gaji Rachmat Kaimuddin Lebih Kecil Dibandingkan di Bukalapak

Kompas.com - 03/01/2022, 16:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi langkah Rachmat Kaimuddin yang merupakan mantan Direktur Utama PT Bukalapak.com Tbk, bergabung di pemerintahan untuk mengabdikan diri kepada negara.

"Saya juga melihat bahwa keahlian Saudaran Rachmat (Kaimuddin) ini sangat penting. Saya sangat menghargai juga keberanian Saudara Rachmat meninggalkan kenyamanan dalam kedudukannya di private sector dan bergabung di pemerintahan," katanya melalui konferensi pers virtual, Senin (3/1/2022).

Luhut bilang, dengan meninggalkan posisinya di perusahaan e-commerce Bukalapak tersebut, maka nilai penghasilan atau gaji yang Rachmat Kaimuddin terima tentu berbeda jauh.

Baca juga: Eks Bos Bukalapak Rachmat Kaimuddin Direkrut Luhut Gabung Kemenko Marves

 

"Tentu saja, banyak hal yang sangat berbeda threatment financial yang diterimanya. Tetapi Saudara Rachmat Kaimuddin berhubung dia ingin mengabdikan juga pengalaman dan ilmu kepada pemerintahan dan republik ini secara langsung," ucapnya.

Kepada Rachmat Kaimuddin, Luhut berharap agar ide-idenya bisa membuat program pemerintahan lebih maju. Terutama proyek pemerintah yang ada di Kalimantan Utara.

"Itu sangat saya apresiasi dan saya berharap, Saudara Rachmat Kaimuddin mulai memberikan pikiran-pikirannya untuk membuat kita lebih bagus kedepannya," kata dia.

"Karena banyak sekali masalah program di Kalimantan Utara yang nilai investasinya 132 miliar dollar AS dan banyak lagi program lain yang kita perlu untuk mendapatkan pikiran-pikiran yang tajam serta cerdas dan cermat. Kita bisa menunjukkan bahwa pemerintah ini pro terhadap market," lanjut Luhut.

Baca juga: Ini Jabatan Mantan Bos Bukalapak di Kemenko Kemaritiman dan Investasi

Sebagai informasi saja, Rachmat Kaimuddin mulai hari ini, telah bergabung di Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi. Dia telah mengundurkan diri dari Bukalapak sejak 28 Desember 2021 dan memutuskan untuk bergabung di pemerintahan.

Posisi Rachmat Kaimuddin sebagai Dirut di Bukalapak sementara ini diisi oleh Pelaksana tugas (Plt) Willix Halim. Sedangkan, di Kemenko Marves, pria kelahiran Makassar tersebut menempati jabatan sebagai Penasehat Khusus Luhut di bidang Pengembangan Teknologi Berkelanjutan.

Baca juga: CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin Ajukan Pengunduran Diri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.