Tertekan di 2020-2021, Kinerja Keuangan Unilever Diperkirakan Pulih pada 2022

Kompas.com - 04/01/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Kinerja keuangan emiten barang konsumsi, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), sudah dua tahun berturut-turut mengalami penurunan, baik di 2020 maupun 2021. Kinerja UNVR diperkirakan kembali membaik secara bertahap pada 2022.

Per Kuartal III-2021, UNVR mencatatkan penjualan bersih turun 7,48 persen (yoy) menjadi Rp 30,02 triliun, serta EBITDA UNVR juga turun 16,13 persen (yoy) menjadi Rp 6,60 triliun. 

Baca juga: Unilever Indonesia Gelontorkan Dana untuk Penelitian di Bidang Kesehatan

Pengamat Pasar Modal sekaligus Direktur Avere Investama Teguh Hidayat menyebut, efek pandemi Covid-19 yang berkepanjangan sekaligus resesi ekonomi global dan nasional di luar dugaan cukup menekan bisnis UNVR.

Akibatnya, kinerja keuangan UNVR dua tahun berturut-turut mengalami penurunan di 2020 maupun 2021. Tren seperti ini belum pernah terjadi pada UNVR di masa-masa sebelumnya. 

“Emiten consumer good sebesar Unilever harusnya baik-baik saja walau ada resesi, tapi ternyata kinerja keuangannya turun. Harga sahamnya pun ikut turun,” ungkap dia, seperti dikutip dari Kontan.co.id, Senin (3/1/2021).

Baca juga: UNVR Cetak Laba Bersih Rp 4,4 Triliun di Kuartal III Tahun 2021

UNVR bisa bangkit di 2022, asal...

Teguh menilai bahwa tahun 2022 dapat menjadi momen kebangkitan bagi UNVR. Hal ini tentu dengan catatan bahwa pandemi Covid-19, termasuk efek penyebaran varian Omicron, dapat segera mereda.

Terlebih lagi, varian Omicron sejauh ini tidak menimbulkan dampak kematian yang signifikan, walau lebih cepat menyebar.

Baca juga: Harga Saham Unilever Indonesia Melesat, Bagaimana Prospek UNVR?

 

Dengan begitu, pemulihan ekonomi seharusnya tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya. Daya beli masyarakat pun diperkirakan akan kembali meningkat pada tahun ini, sehingga menguntungkan bagi emiten seperti UNVR.

Teguh pun memperkirakan, perbaikan kinerja keuangan UNVR terjadi secara bertahap pada tahun ini. “Mungkin kinerja Unilever tidak langsung pulih di kuartal pertama, tapi mesti tunggu sampai akhir tahun nanti,” ujar dia.

Baca juga: Simak Rekomendasi dari Para Analis untuk Saham UNVR

Halaman:


Video Pilihan

Sumber KONTAN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.