Mengenal Arti Logo GPN pada Kartu ATM Berikut Manfaatnya

Kompas.com - 04/01/2022, 20:08 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Informasi seputar apa itu GPN kerap memunculkan pertanyaan. Umumnya, yang penasaran tentang arti GPN adalah nasabah perbankan yang memiliki kartu ATM berlogo GPN.

Yang disebut dengan kartu GPN adalah kartu ATM yang memiliki logo GPN. Tak ayal, informasi semacam ini banyak dicari, termasuk mengenai manfaat GPN bagi pemegang kartu.

Apa arti logo GPN? GPN bank apa saja? Apakah kartu GPN bisa untuk transaksi online? Apa kelebihan kartu ATM GPN? Apakah GPN bisa untuk kredit?

Baca juga: Daftar Lengkap Kode Bank ATM Bersama untuk Keperluan Transfer

Itulah sederet pertanyaan yang kerap bermunculan. Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca memahami apa itu GPN pada kartu ATM.

Arti logo GPN di kartu ATM

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia (BI), latar belakang munculnya kartu ATM GPN tidak lepas dari kondisi sistem pembayaran ritel di Indonesia masih kompleks dan terfragmentasi.

Hal ini terjadi akibat belum optimalnya prinsip interkoneksi dan interoperabilitas. Oleh sebab itu, Bank Indonesia bersama industri sistem pembayaran menginisiasikan GPN.

GPN adalah singkatan dari Gerbang Pembayaran Nasional. Istilah lain dari GPN adalah National Payment Gateway (NPG). Lalu apa itu GPN?

GPN adalah sistem yang terdiri atas Standar, Switching dan Services yang dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme (arrangement) untuk mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional.

Baca juga: Pahami Perbedaan ATM Link, ATM Prima, dan ATM Bersama

GPN mencakup transaksi pembayaran domestik yang meliputi:

  1. Interkoneksi Switching.
  2. Interkoneksi dan interoperabilitas kanal pembayaran melalui kanal ATM, Electronic Data Captured (EDC), agen, Payment Gateway (PG), dan kanal pembayaran lainnya.
  3. Interoperabilitas instrumen pembayaran berupa kartu ATM dan/atau kartu debet, kartu kredit, uang elektronik, dan instrumen pembayaran lainnya.

Manfaat GPN

Salah satu manfaat GPN yaitu dapat mewujudkan ekosistem pembayaran ritel nasional yang terkoneksi secara optimal dengan prinsip interkoneksi dan interoperabilitas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.