Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop UKM: G20 Berpotensi Hasilkan Nilai Konsumsi Rp 1,7 Triliun

Kompas.com - 20/01/2022, 06:47 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Presidensi G20 (tuan rumah G20) akan memberikan manfaat ekonomi bagi UMKM Tanah Air. Potensi nilai konsumsi domestik selama penyelenggaraan G20 yang dimulai 1 Desember 2021-31 November 2022 diperkirakan mencapai Rp 1,7 triliun.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memaparkan, selama Forum G20 berlangsung akan ada 150 kegiatan yang mencakup 49 main events dan 111 side events.

Sebanyak 20.988 delegasi akan datang ke Indonesia, bersama staf atau anggota keluarga dan jumlah ini dapat berlipat menjadi 41.976-83.952 potensi orang hadir ke Indonesia.

Baca juga: Rekomendasi Sandiaga Uno: Museum Pasifika Bali Jadi Venue Side Event G20

“Penyelenggaraan G20 di Indonesia akan memberi manfaat besar bagi UMKM Tanah Air. G20 berpotensi menciptakan 33.000 lapangan kerja baru dengan nilai konsumsi sebesar Rp1,7 triliun,” kata Menkop UKM Teten Masduki dalam siaran resminya dikutip Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Untuk mendukung penyelenggaraan G20 tersebut, Menkop UKM telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pembentukan Panitia Program dan Kegiatan Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 di Lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM.

“Pembentukan kepanitiaan di lingkungan Kemenkop UKM kita rancang untuk mengoptimalkan peran koperasi, UMKM Indonesia pada pelaksanaan Presidensi G20. Ini (Presidensi G20) akan kita pastikan untuk memberikan sebesarnya manfaat bagi UMKM Indonesia," kata Teten.

Baca juga: Menkop Teten Janji Plafon KUR Tahun Depan Naik Jadi Rp 350 Triliun

Kepanitiaan ini akan menangani tiga poin utama yaitu Bidang Side Events untuk menangani sembilan side event G20 yang merupakan inisiatif KemenKopukm, Bidang Sinergi dan Kolaborasi fokus pada pemetaan peran dan harmonisasi urun daya lintas stakeholder terkait untuk partisipasi koperasi dan UMKM pada G20, dan Bidang Integrasi Produk UMKM dan Koperasi (merchandise dan hospitality) yang secara spesifik menangani kurasi dan kehadiran produk UMKM Indonesia dalam G20.

“Kami sedang menginisiasi kerjasama dengan pihak-pihak terkait agar official merchandise G20 diambil dari UMKM Indonesia terbaik yang telah dikurasi oleh KemenKopUKM,” kata Menkop UKM Teten Masduki.

Baca juga: Pesan Erick Thohir ke PLN: Tidak Boleh Mati Lampu dengan Alasan Apa Pun Saat KTT G20

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com