Meski Terus Tumbuh, Sektor Digital Masih Punya Banyak PR

Kompas.com - 20/01/2022, 21:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor informasi dan komunikasi (infokom) menjadi saalah satu sektor yang tumbuh positif selama masa pandemi Covid-19. Hal itu membuat sektor digital bisa menjadi pendorong pemulihan ekonomi nasional.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi mengatakan, kinerja sektor digital menunjukkan optimisme di tengah perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Dari data itu kita melihat optimisme peluang, meskipun pandemi membawa kontraksi atau perlambatan pertumbuhan ekonomi, tetapi sektor digital tetap memiliki peluang untuk bisa diberdayakan guna pemulihan ekonomi masyarakat," ungkapnya dalam acara Survei Indeks Literasi Digital 2021, Kamis (20/1/2022).

Baca juga: Cara Buka Rekening Mandiri Online lewat Aplikasi Livin by Mandiri

Peluang itu didukung pula dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 202,35 juta pengguna atau 76,8 persen dari total populasi.

Ia bilang, angka itu menunjukkan Indonesia semakin intensif di dalam menggunakan internet.

Sayangnya, lanjut Dedy, data itu tidak menggambarkan seberapa banyak pengguna internet yang sudah melek digital atau memiliki kemampuan untuk mengembangkan sektor ini. Oleh sebab itu, dia menilai, masih banyak pekerjaan rumah atau PR yang harus diselesaikan Indonesia untuk bisa mengoptimalkan potensi sektor digital.

"Tidak semua yang menggunakan internet sudah cakap digital atau terliterasi secara digital. Padahal kalau kita mau melihat, peluang sektor digital di tengah pandemi adalah sesuatu yang luar biasa," jelasnya.

Ia menjelaskan, saat ini tantangan yang harus dihadapi Indonesia adalah memastikan masyarakat bisa menggunakan internet untuk tujuan yang positif dan produktif. Hal itu mengingat internet terus berkembang, sehingga potensinya besar jika bisa dimanfaatkan dengan optimal.

Baca juga: Ini Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Shopee

Dedy mengatakan, awalnya kemunculan internet hanya berbicara tentang website, lalu berkembang ke media sosial, hingga akhirnya muncul metaverse.

Metaverse adalah dunia digital yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk bermain game, bekerja, bertransaksi jual beli, membangun kota, hingga menonton pertunjukan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.