Minat Kembangkan Usaha? IdeaCloud Kembali Gelar IC Incubator

Kompas.com - 25/01/2022, 17:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - IdeaCloud kembali menggelar pelatihan bisnis, IC Incubator, gelombang ketiga dan keempat yang akan dimulai pada 5 Februari 2022. 

IC Incubator merupakan program pelatihan yang diadakan selama tiga bulan secara intensif yang membahas berbagai hal termasuk marketing digital.

Founders IdeaCloud Hermanto Tanoko mengatakan, program tersebut diinisasi untuk mendukung upaya penciptaan wirausaha-wirausaha baru di Tanah Air, mengingat jumlah wirausaha nasional masih sangat rendah.

Baca juga: Perpres Kewirausahaan Terbit, Wirausaha Bakal Dapat Banyak Kemudahan dan Insentif

Data Kementerian Perindustrian menunjukan, pada 2021 rasio kewirausahaan Indonesia baru 3,55 persen, jumlah tersebut masih di bawah Thailand maupun Malaysia yang sudah lebih dari 4 persen.

Bahkan Singapura telah mencapai 8,7 persen, dan negara-negara maju lainnya sudah lebih dari 12 persen.

"Oleh karenanya IdeaCloud hadir untuk membantu pelaku usaha mengembangkan bisnisnya dan memiliki visi menciptakan 1 juta entrepreneur sukses di Indonesia dan ikut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi," ujar Hermanto, dalam keterangannya, Selasa (25/1/2022).

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Wirausaha dan Sifatnya

Berbeda dengan inkubator bisnis lainnya, Hermanto menambah, para peserta IC Incubator juga dapat memanfaatkan jejaring bisnis yang dimiliki IdeaCloud mulai dari vendor untuk memenuhi kebutuhan bisnis sampai jaringan penjualan.

Bantuan permodalan

Ia bilang, IdeaCloud juga menyediakan bantuan permodalan melalui IC Ventures bagi para peserta yang terpilih dan memenuhi syarat.

“Karena tidak bisa dipungkiri aspek pendanaan kerap jadi kendala pelaku usaha mengembangkan bisnisnya,” ujarnya.

Melalui IC Ventures alumni IC Incubator akan dihubungkan dengan jaringan investor IdeaCloud untuk mendapatkan pendanaan guna pengembangan bisnisnya sampai miliaran rupiah.

Salah satunya alumnus IC Incubator, Heri Hartanto, yang merupakan CEO dan Founder ACMIC Indonesia, mengakui bahwa IC Incubator membantu dirinya untuk menyempurnakan strategi bisnis ACMIC Indonesia.

“Ilmu di IdeaCloud laiknya sekolah bisnis, tapi dengan biaya yang lebih murah dari sekolah bisnis,” ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.