BNI Bakal Sulap Bank Mayora Jadi Bank Digital UMKM

Kompas.com - 26/01/2022, 13:53 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berencana mengakuisisi Bank Mayora melalui penerbitan saham baru dan pembelian saham lama dari pemegang saham sebelumnya.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menjelaskan, nantinya Bank Mayora akan diubah menjadi bank digital yang fokus bergerak pada segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca juga: Bank Mayora Bakal Diakuisisi BNI, Bagaimana Nasib Karyawannya?

Ia mengakui, perseroan saat ini belum maksimal menggarap segmen UMKM. Oleh karenanya, bank digital yang diproyeksi memiliki biaya operasional lebih rendah, dapat memaksimalkan potensi segmen tersebut.

"Untuk UMKM ini besar sekali potensinya, luar biasa, yang saat ini masih banyak sekali segmen UMKM yang belum kita garap secara optimal," kata Royke, dalam konferensi pers virtual, Rabu (26/1/2022).

Baca juga: BNI Bakal Akuisi 63,9 Persen Saham Bank Mayora

Lebih lanjut Royke menilai, melalui kerja sama dengan induk usaha Bank Mayora saat ini PT Mayora Inti Utama, BNI memiliki modal yang kuat untuk mengembangkan ekosistem digital UMKM.

Adapun proses akuisisi dan transformasi Bank Mayora masih akan melalui serangkaian proses bisnis, mulai dari pembahasan kerja sama dengan perusahaan teknologi, penyiapan branding bank digital, hingga penyiapan business model.

"Tahun ini mudah-mudahan (bank digital BNI) sudah bisa masuk ke pasar," ujar Royke.

Baca juga: Laba Bersih BNI 2021 Naik 3 Kali Lipat Jadi Rp 10,89 Triliun

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.