Kompas.com - Diperbarui 27/01/2022, 11:54 WIB

KOMPAS.com - Modus penipuan skema ponzi dalam investasi harus diwaspadai. Pasalnya, skema ponzi adalah skema penipuan keuangan yang paling sering terjadi.

Skema penipuan sejak dahulu memiliki pola yang sama, hanya dibalut dengan kulit yang berbeda. Apa pun jenis penipuannya, pasti diberikan dengan menyertakan umpan agar bisa menarik korban.

Sama halnya seperti skema ponzi. Padahal skema ponzi sudah sering diberitakan dan memakan banyak korban, tapi tetap masih ada korban yang termakan tipuannya.

Oleh karenanya, skema ponzi adalah salah satu modus penipuan yang harus diketahui dan dipahami oleh investor maupun masyarakat awam agar tidak ada lagi yang terjebak dalam skema penipuan ini.

Baca juga: Kenapa Nama Ibu Kandung Jadi Lapisan Keamanan Rekening Bank?

Apa itu skema ponzi? Simak penjelasan berikut agar mengetahui jawabannya.

Siapa pencipta skema ponzi?

Sebelum mengetahi apa itu skema ponzi, ada baiknya mengetahui siapa pencipta skema ponzi ini.

Menurut buku Unfair Advantage oleh Robert T. Kiyosaki, pencipta skema ponzi adalah Charles Ponzi. Charles Ponzi merupakan warga Italia yang terkenal pada 1920 karena berhasil menipu dalam jumlah yang besar.

Pada saat itu, Ponzi berhasil mengantongi uang sekitar 7 juta dollar AS dari para korbannya. Namun, jumlah tersebut masih kalah banyak dari yang didapatkan Bernie Madoff. Pada 2008, Madoff mengambil sekitar 50 miliar dollar AS dari korbannya dengan menggunakan skema ponzi.

Meski jumlah uang yang didapatkan Madoff lebih besar, namun Charles Ponzi adalah yang pertama memperkenalkan skema ini ke khalayak luas. Oleh karenanya, nama skema ini diambil dari nama Charles Ponzi.

Baca juga: Butuh Uang Tambahan? Simak Cara Daftar Shopee Affiliates Program

Apa itu skema ponzi?

Tokoh sejarah Charles Ponzi pencetus skema ponzi. Skema ponzi adalah skema penipuan keuangan yang paling sering terjadi. Apa itu Ponzi?Smartasset.com Tokoh sejarah Charles Ponzi pencetus skema ponzi. Skema ponzi adalah skema penipuan keuangan yang paling sering terjadi. Apa itu Ponzi?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.