Mengenal 7 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Kompas.com - 05/02/2022, 20:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comInvestasi adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai tujuan finansial di masa depan. Setiap orang yang memiliki penghasilan, bisa mempertimbangkan untuk mulai berinvestasi. Apa itu investasi?

Sederhananya, investasi adalah kegiatan menanam modal atau dana dengan harapan mendapat keuntungan atau imbal hasil di kemudian hari. Sedangkan orang atau pihak yang melakukan kegiatan investasi disebut sebagai investor.

Dikutip dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, investasi adalah bisa dilakukan setelah memiliki dana simpanan untuk keadaan darurat. Salah satu tujuan dari investasi adalah untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Dari pengertian tersebut, bisa dikatakan kata kunci utama dari investasi adalah jangka waktu panjang. Umumnya, orang yang melakukan investasi adalah mengharapkan dana yang diinvestasikan kembali dan mendapatkan keuntungan setelah jangka waktu kira-kira 3-5 tahun.

Baca juga: Susi Air Beberkan Kronologi Pengusiran Pesawatnya dari Hanggar Bandara Malinau

Meski begitu, banyak yang masih ragu untuk mulai berinvestasi. Beberapa orang beranggapan bahwa investasi memerlukan modal yang besar. Padahal ada banyak jenis investasi untuk pemula dengan modal mulai dari Rp 50.000.

Dengan modal yang kecil, calon investor bisa memulai investasi kapan saja. Semakin cepat investasi dilakukan, maka keuntungan yang akan didapatkan juga semakin banyak.

Beberapa contoh investasi yang cocok untuk pemula di antaranya investasi emas, investasi saham, reksadana, obligasi, deposito, dan lainnya. Meski demikian, hal yang penting untuk dicatat adalah setiap produk investasi memiliki risikonya masing-masing.

Berikut ini adalah jenis investasi yang bisa menjadi pilihan investor pemula agar mendapatkan keuntungan di masa depan.

Baca juga: Peringati Satu Tahun Merger, BSI Tebar Promo Pembiayaan Rumah

1. Investasi reksadana

Reksadana adalah instrumen investasi yang cocok untuk pemula, terutama yang memiliki waktu dan dana terbatas. Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat (investor) untuk diinvestasikan dalam portofolio efek (gabungan beberapa efek) oleh manajer investasi (MI).

Nantinya, manajer investasi ini yang akan mengatur porsi penempatan dana kita pada pasar uang, saham atau surat utang. Mereka pula yang akan menentukan komposisi saham apa yang dibeli untuk mendapat keuntungan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.