Holding BUMN Pangan Distribusikan Minyak Goreng ke 110 Pasar di Indonesia

Kompas.com - 17/02/2022, 17:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding BUMN Pangan atau ID Food akan mendistribusikan minyak goreng curah melalui 110 pasar yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini sebagai upaya untuk memenuhi pasokan minyak goreng yang langka di pasaran.

Direktur Utama ID Food Arief Prasetyo Adi mengatakan, pendistribusian minyak goreng dilakukan melalui skema business to business (B2B) dengan produsen dan pelaku usaha lokal di sejumlah titik lokasi di sejumlah wilayah Indonesia.

“Pendistribusian ke 110 pasar rakyat ke seluruh wilayah Indonesia dilakukan bertahap," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (17/2/2022).

Baca juga: Sudah 4 Bulan, Masalah Minyak Goreng Mahal Belum Juga Terselesaikan

Ia menjelaskan, program distribusian minyak goreng ini juga akan melibatkan Asosiasi Pedagang Pasar Jaya, Pasar Tradisional, Pasar Jaya, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), koperasi, dan pemerintah daerah.

Minyak goreng akan didistribusikan ke wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Pulau Jawa, Provinsi Aceh, Sumatera, Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga Papua.

Pada tahap awal ID Food telah mendistribusikan 12 ton minyak goreng curah dengan harga Rp 11.500 per liter, atau sesuai harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah.

Kemudian dilanjutkan dengan mendistribusikan 57,5 ton minyak goreng ke pedagang di pasar-pasar tradisional yang ada di wilayah Jakarta dan Jawa Barat.

Terbaru dilakukan distribusi tahap ketiga pada 15-16 Februari 2022 di wilayah Bandung, Bogor, Tangerang, Cengkareng, Cikarang dan sejumlah pasar di wilayah Jakarta dengan total 129 ton minyak goreng.

"Pekan ini juga direncanakan akan didistribusikan minyak goreng ke wilayah Jawa Tengah. Setelah Pulau Jawa, realisasi ke pasar rakyat berikutnya ke beberapa titik lokasi sesuai yang dijadwalkan,” kata Arief.

Baca juga: Minyak Goreng Langka, Begini Permintaan Pengusaha Ritel ke Pemerintah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.