Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Holding BUMN Pangan Distribusikan Minyak Goreng ke 110 Pasar di Indonesia

Kompas.com - 17/02/2022, 17:19 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding BUMN Pangan atau ID Food akan mendistribusikan minyak goreng curah melalui 110 pasar yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini sebagai upaya untuk memenuhi pasokan minyak goreng yang langka di pasaran.

Direktur Utama ID Food Arief Prasetyo Adi mengatakan, pendistribusian minyak goreng dilakukan melalui skema business to business (B2B) dengan produsen dan pelaku usaha lokal di sejumlah titik lokasi di sejumlah wilayah Indonesia.

“Pendistribusian ke 110 pasar rakyat ke seluruh wilayah Indonesia dilakukan bertahap," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (17/2/2022).

Baca juga: Sudah 4 Bulan, Masalah Minyak Goreng Mahal Belum Juga Terselesaikan

Ia menjelaskan, program distribusian minyak goreng ini juga akan melibatkan Asosiasi Pedagang Pasar Jaya, Pasar Tradisional, Pasar Jaya, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), koperasi, dan pemerintah daerah.

Minyak goreng akan didistribusikan ke wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Pulau Jawa, Provinsi Aceh, Sumatera, Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga Papua.

Pada tahap awal ID Food telah mendistribusikan 12 ton minyak goreng curah dengan harga Rp 11.500 per liter, atau sesuai harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah.

Kemudian dilanjutkan dengan mendistribusikan 57,5 ton minyak goreng ke pedagang di pasar-pasar tradisional yang ada di wilayah Jakarta dan Jawa Barat.

Terbaru dilakukan distribusi tahap ketiga pada 15-16 Februari 2022 di wilayah Bandung, Bogor, Tangerang, Cengkareng, Cikarang dan sejumlah pasar di wilayah Jakarta dengan total 129 ton minyak goreng.

"Pekan ini juga direncanakan akan didistribusikan minyak goreng ke wilayah Jawa Tengah. Setelah Pulau Jawa, realisasi ke pasar rakyat berikutnya ke beberapa titik lokasi sesuai yang dijadwalkan,” kata Arief.

Baca juga: Minyak Goreng Langka, Begini Permintaan Pengusaha Ritel ke Pemerintah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com