Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Nasabah Protes Tentang Produk AIA, Ini Penjelasan Perusahaan

Kompas.com - 22/03/2022, 17:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT AIA Financial memberikan tanggapan atas viralnya video salah satu nasabah di media sosial TikTok. Dalam video tersebut, salah satu nasabah asuransi AIA mendatangai kantor cabang BCA dan menyampaikan keluhan atas produk yang telah dibeli.

Chief Marketing Officer PT AIA Financial Kathryn Monika Parapak mengatakan, nasabah dalam video tersebut berada di Semarang bernama Indri Astuti.

Dalam hal ini, pihaknya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Indri Astuti. Ia bilang, pihaknya selalu membuka ruang komunikasi agar dapat memberikan pelayanan lebih baik.

Baca juga: Viral di Medsos, Pembeli Kena Tipu Ratusan Juta Rupiah di Diler Honda, Ini Kata Manajemen

"Terkait keluhan Ibu Indri Astuti, kami telah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan berdasarkan hasil pemeriksaan seluruh proses penjualan produk asuransi kepada Ibu Indri telah dilakukan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku," kata dia Selasa (22/3/2022).

Kathryn bilang, tim AIA di Semarang telah menemui nasabah dan menawarkan solusi penyelesaian keluhan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) pada 15 Maret 2022.

Namun, ia bilang Indri Astuti belum menerima tawaran tersebut sebagai opsi penyelesaian. Ia menambahkan, AIA selalu berpegang teguh pada prinsip operasional.

“Melakukan hal yang tepat, dengan cara yang tepat, dengan orang yang tepat. Untuk itu kami memastikan seluruh tenaga pemasar AIA melakukan pekerjaanya sesuai dengan Market of Conduct Guideline (MCG) yang telah ditetapkan perusahaan," urai dia.

Baca juga: Viral Cuitan di Twitter Soal Derek Mobil di Tol Mahal, Ini Tarif Aslinya

Ia melanjutkan, bisnis AIA wajib untuk mematuhi ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku untuk melindungi dan menjaga kepercayaan nasabah, agen, serta mitra bisnis.

"Kami selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjaga kepercayaan nasabah, agen, serta mitra bisnis AIA," kata dia.

Sebelumnya, telah beredar video di media sosial TikTok M Ahza S Arrasyiid pada Minggu (20/3/2022).

Dalam video tersebut, nasabah mendatangi kantor cabang PT Bank Central Asia (BCA). Ia mengeluhkan uang klaim tidak sesuai dengan yang telah disetorkan terhadap produk AIA.

Sampai Selasa siang (22/3/2022), video ini telah ditonton sebanyak 178.000 kali dan disukai oleh 3.519 orang dengan jumlah komentar sebanyak 793.

Baca juga: Korban Asuransi Unit Link AIA, Prudential, AXA Mandiri Gelar Demo, Tagih Janji OJK

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com