Realisasi Anggaran Pendidikan Melonjak 35,8 Persen, Ini Pemicunya

Kompas.com - 29/03/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, realisasi anggaran pendidikan per Februari 2022 meningkat cukup tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, realisasi anggaran pendidikan meningkat 35,8 persen atau sebesar Rp 57,7 triliun yang dipicu realisasi anggaran melalui transfer ke daerah dan dana desa (TKDD).

“Jadi belanja ini digunakan untuk gaji guru, untuk program Indonesia pintar, beasiswa kepada para murid di madrasah, dan biaya perawatan madrasah,” tutur Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KITA, Senin (29/3/2022).

Baca juga: LKPP Targetkan 1 Juta Produk di Katalog Elektronik

Untuk belanja Pendidikan di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) realisasinya mencapai Rp 6,4 triliun, digunakan untuk gaji pengajar, Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah, dan beasiswa Presiden.

Sedangkan untuk belanja Pendidikan di kementerian Agama (kemenag) mencapai Rp 2,7 triliun, digunakan untuk gaji pengajar, PIP, dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Adapun untuk TKDD Pendidikan kepada daerah realisasinya untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik mencapai Rp 11,8 triliun untuk bantuan BOS.

Peningkatan realisasi ini didukung oleh perbaikan verifikasi dan validasi oleh Kemendikbud, serta peningkatan kinerja penyampaian laporan oleh sekolah.

“Penyaluran dana BOS ini dilakukan untuk 33,28 juta siswa di 167 ribu sekolah,” imbuh Sri Mulyani. (Reporter: Siti Masitoh | Editor: Yudho Winarto)

Baca juga: Walaupun Sudah Dilarang sejak 2005, Masih Saja Pemda Nakal Rekrut Tenaga Honorer

Artkel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Realisasi Anggaran Pendidikan Meningkat 35,8% per Februari 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.