Jumlah Penumpang Pesawat DIprediksi Capai 10 Juta Saat Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 01/04/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia (Apjapi) memprediksi jumlah penumpang pesawat di periode mudik Lebaran 2022 mencapai 10 juta orang.

Ketua Apjapi Alvin Lie mengatakan, perkiraan tersebut berdasarkan data mudik lebaran sebelum pandemi Covid-19 tahun 2018-2019 dan proyeksi setelah dua tahun tidak diperbolehkannya mudik.

"Prediksi jumlah penumpang pesawat udara untukk mudik ini kami perkirakan bisa tercapai 10 juta penumpang," ujarnya dalam Focus Group Discussion, Kamis (31/3/2022).

Baca juga: Mudik 2022, Pemerintah Harus Tetap Jaga Ketersediaan Solar dan Pertalite

Jumlah ini cukup besar dibandingkan perkiraan jumlah pemudik tahun 2022 dari Litbang Kementerian Perhubungan sebesar 79 juta orang.

Dia juga memperkirakan, arus mudik tahun ini akan berlangsung lebih awal karena banyak masyarakat yang mengkhawatirkan syarat dan aturan mudik akan kembali diubah pemerintah.

Apalagi belum ada yang dapat memastikan angka kasus Covid-19 akan terus stabil seperti saat ini selama periode mudik lebaran 2022.

"Jadi tidak di paruh kedua bulan April, bisa saja nanti minggu kedua April ini sudah mulai mudik. Bisa saja setelah minggu pertama puasa ini sudah mulai terjadi arus mudik," ucapnya.

Oleh karenanya, dia meminta agar pemerintah mempersiapkan mudik lebaran tahun ini sebaik mungkin, baik dari sisi regulasi maupun pelaksanaannya.

Dia juga mengimbau agar pemudik juga memperhatikan keamanan dan kesehatan masing-masing karena kelancaran dan kenyamanan mudik tidak hanya tanggung jawab pemerintah dan operator transportasi.

"Ini tentunya jumlah penumpnag yang besar dan menuntut pengaturan yang sangat rapi agar tidak terjadi kisruh di lapangan," tutur dia.

Baca juga: Garuda Indonesia Prediksi Kenaikan Jumlah Penumpang 35 Persen Saat Mudik Lebaran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.