Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederet Nama Besar di Balik IPO GoTo, dari SoftBank hingga Alibaba

Kompas.com - 06/04/2022, 07:11 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Gojek Tokopedia atau GoTo (GOTO) saat ini tengah dalam proses Initial Public Offering (IPO). Startup decacorn tersebut memiliki nilai kapitalisasi pasar terbesar ketiga di Asia. serta kelima di dunia sepanjang tahun 2022 yang mencapai Rp 400 triliun.

Dengan nilai kapitalisasi pasar tersebut, GoTo mensejajarkan posisi dengan perusahaan besar lainnya yang sudah lebih dulu tercatat di bursa, seperti Bank Central Asia (BBCA) sebesar Rp 964,13 triliun, Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Rp 705,2 triliun, dan Telkom Indonesia (TLKM) Rp 447,7 triliun.

Di sisi lain, ada yang menarik dari IPO GoTo. Selain kerap kali dibandingkan dengan kompetitornya, Bukalapak (BUKA), ternyata ada sederet nama besar yang menjadi “penyokong” terlaksananya IPO perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim dan William Tanuwijaya itu.

Baca juga: Driver Gojek Bakal Kebagian Saham GoTo Senilai Rp 310 Miliar

Mengutip prospektus GoTo, beberapa investor yang memegang andil dalam pendanaan awal antara lain Sequoia Capital India, Pacificse Enterprise, NTH Gemma Inc juga terafiliasi dengan Northstar, Zander Universal, dan NSI Moto Holdings.

Lewat dana awak tersebut, GoTo mampu mengembangkan bisnis baik di tanah air maupun di luar negeri.

Namun tidak hanya itu saja, ada sederet nama besar lain yang ikut berkontribusi mulai Google, JD.com, PayPal, Temasek, Tencent, SoftBank, VISA, Astra Internasional, Telkomsel, Capital Group, KKR, Warburg Pincus, BlackRock, Pacific Century Group, Facebook, Provident, hingga Alibaba Group.

Rencananya GoTo akan melepas 40,6 miliar saham seri A dengan harga yang sudah ditetapkan perusahaan yakni Rp 338 per saham. Adapun dana IPO yang akan masuk ke kantong perusahaan GOTO diperkirakan mencapai Rp 13,7 triliun.

Sejak adanya merger dari kedua perusahaan tersbut pada Mei 2021, bisnis GoTo semakin berkembang. Hal ini lantaran GoTo berpijak pada tiga lini bisnis yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari–hari, seperti layanan transportasi Gojek, e-commerce Tokopedia, serta layanan financial technologi melalui GoTo Financials.

Baca juga: 96.000 Investor Ritel Serbu Saham IPO GoTo di Aplikasi IPOT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com