Intip Besaran Tukin Kemenhan, Prabowo Dapat Rp 43,6 Juta Per Bulan

Kompas.com - 16/04/2022, 20:38 WIB


KOMPAS.com – Penasaran berapa besaran tukin atau tunjangan kinerja Kementerian Pertahanan (Kemenhan/Kemhan) yang cair setiap bulan?

Besaran tunjangan kinerja Kemenhan, termasuk tukin PNS Kemenhan ditetapkan beragam tergantung pada kelas jabatan masing-masing.

Ketentuan mengenai tunjangan kinerja Kemhan 2022 masih mengacu pada regulasi yang berlaku pada tahun sebelumnya mengingat belum adanya kenaikan tukin pada tahun 2022 ini.

Baca juga: Intip Besaran Tukin Menko Luhut dan PNS Kemenko Marves

Regulasi tersebut adalah Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Pertahanan.

Siapa saja yang dapat tunjangan kinerja Kemenhan?

Dalam aturan tersebut dijelaskan, pegawai di lingkungan Kementerian Pertahanan adalah PNS, prajurit TNI, dan pegawai lainnya yang berdasarkan keputusan pejabat yang berwenang diangkat dalam suatu jabatan atau ditugaskan dan bekerja secara penuh pada satuan organisasi di lingkungan Kementerian Pertahanan.

Pegawai lainnya yang dimaksud adalah pegawai yang diangkat pada jabatan yang telah mendapat persetujuan dari menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Dengan definisi tersebut, Pasal 2 aturan ini berbunyi, pegawai di lingkungan Kementerian Pertahanan, selain diberikan penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, diberikan tunjangan kinerja setiap bulan.

Baca juga: Jokowi Umumkan Gaji ke-13 dan THR PNS 2022, Ada Bonus Tukin 50 Persen

Tunjangan kinerja tersebut diberikan setelah mempertimbangkan penilaian reformasi birokrasi, capaian kinerja organisasi, dan capaian kinerja individu.

Ketentuan tunjangan kinerja Kementerian Pertahanan

Pasal 5 aturan yang sama menjelaskan bahwa tunjangan kinerja Kemenhan yang tidak menghilangkan tunjangan-tunjangan lain yang diberikan (on top).

Adapun tunjangan kinerja tersebut diberikan dengan memperhitungkan capaian kinerja pegawai setiap bulannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.