Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kereta Mudik Lebaran 2022 Baru Terjual 46 Persen

Kompas.com - 21/04/2022, 04:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) per hari ini telah menjual 46 persen tiket kereta api jarak jauh untuk periode mudik Lebaran 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI telah menjual 1.148.808 tiket kereta api jarak jauh untuk periode keberangkatan H-10 sampai H+10 Lebaran atau 22 April sampai 13 Mei 2022.

Rute-rute favorit masyarakat pada masa mudik Lebaran 2022, yaitu Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Yogyakarta pp, Jakarta-Malang pp, dan lainnya.

Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat untuk arus mudik yaitu 30 April dan 29 April, sedangkan untuk arus balik yaitu 7 Mei dan 8 Mei.

"KAI melihat bahwa tiket kereta pada masa Angkutan Lebaran secara umum masih cukup banyak tersedia," ujar Joni dalam keterangan tertulis, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Mudik Bersama BUMN 2022, Jasa Raharja Koordinasikan 510 Bus dan 24 Kereta Api

Apabila masyarakat kehabisan tiket untuk tanggal dan rute yang diinginkan, maka dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access.

Fitur ini akan membantu masyarakat memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

"KAI mengimbau kepada masyarakat untuk mencari tanggal dan rute alternatif jika KA yang diinginkan telah habis tiketnya," ucapnya.

Menurutnya, melakukan mudik di tanggal alternatif tersebut sesuai dengan arahan pemerintah yang mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal agar tidak terlalu padat saat arus puncak mudik.

Dia menginformasikan, KAI juga masih menyelenggarakan promo KAI Access Ramadan Festive 2022 yang masih berlangsung hingga 21 April 2022 untuk keberangkatan 20 April hingga 13 Mei 2022. Promo ini hanya berlaku untuk pembelian melalui aplikasi KAI Access.

Baca juga: KAI Gelar Diskon Tiket Kereta Lebaran 60 Persen hingga Flash Sale Rp 75.000, Ini Rinciannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com