Pemudik Sepeda Motor, Cek Masih Ada Kuota Mudik Gratis Pakai Kapal Laut

Kompas.com - 23/04/2022, 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bersama PT Pelni pada tahun ini kembali mengadakan mudik gratis naik kapal laut bagi pengguna sepeda motor.

Masyarakat pengguna sepeda motor yang hendak melaksanakan perjalanan arus mudik atau balik diharapkan dapat memanfaatkan program mudik gratis tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Perhubungan Laut Mugen S. Sartoto mengatakan, salah satu tujuan utama mudik gratis ini adalah untuk mengurai kepadatan jalan dan mengurangi jumlah pemudik roda dua sehingga dapat meminimalisir angka kecelakaan saat arus mudik atau balik.

Baca juga: Kuota Masih Ada, Ini Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub via Kapal Laut

"Selain itu kami berharap pemudik yang belum pernah memilih moda transportasi laut dapat tertarik untuk mencoba dan menjadikan transportasi laut alternatif pilihan saat bepergian," ujar Mugen dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/4/2022).

Terdapat 2 armada kapal yang akan digunakan untuk mudik motor gratis ini, yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai yang dioperatori oleh PT Pelni.

Kedua kapal itu merupakan kapal 3 in 1 yang dapat mengangkut orang, barang, dan kendaraan. Kapasitas masing-masing kapal tersebut dapat mengangkut 1.250 Unit Motor dan 2.500 penumpang.

Menurut Mugen, antusias masyarakat dalam mengikuti program mudik gratis ini cukup tinggi, tercermin dari kuota arus mudik yang saat ini sudah hampir penuh. Oleh sebab itu, ia mengimbau untuk masyarakat bisa memanfaatkan kuota yang tersisa.

"Keberangkatan tanggal 29 April 2022 sudah hampir penuh, tinggal keberangkatan tanggal 26 April 2022 masih sekitar 800-an untuk motor dan 1.000-an penumpang," ungkapnya.

Baca juga: Berlaku 28 April 2022, Simak Aturan Ganjil-Genap Selama Arus Mudik Lebaran 2022

Adapun rute yang dilalui untuk mudik gratis sepeda motor 2022 adalah Jakarta - Semarang - Surabaya (arus mudik) dan Surabaya - Semarang- Jakarta (arus balik).

Jadwal mudik rute Jakarta - Semarang - Surabaya dengan KM Dobonsolo yaitu tanggal 26 April 2022 pukul 13:00 WIB dan KM Ciremai tanggal 29 April 2022 pukul 22:00 WIB.

Sedangkan jadwal balik rute Surabaya - Semarang - Jakarta dengan KM Ciremai tanggal 9 Mei 2022 pukul 17:00 WIB dan KM Dobonsolo tanggal 11 Mei 2022 pukul 17:00 WIB.

Jika berminat, maka dapat mengakses informasi atau pendaftaran mudik gratis di laman http://mudikgratis.dephub.go.id/. Serta untuk informasi selengkapnya juga dapat dilakukan dengan memantau akun resmi media sosial Ditjen Perhubungan laut @djplkemenhub151.

Baca juga: Ini Titik Rawan Macet di Tol Jagorawi Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.