Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Target Diresmikan Juni 2022, Pengerjaan Tol Cibitung-Cilincing Dikebut

Kompas.com - 19/05/2022, 18:07 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menargetkan jalan tol Cibitung-Cilincing akan diresmikan pada Juni mendatang.

Proyek jalan bebas hambatan ini merupakan kerja sama antara anak usaha Waskita Karya yaitu PT Waskita Toll Road dan anak usaha dari Pelindo yaitu PT Akses Pelabuhan Indonesia.

Wakil Direktur Utama Pelindo Hambra mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempercepat proses penyelesaiannya karena setelah merger proyek ini menjadi milik Pelindo Group.

"Itu dalam proses percepatan. Mudah-mudahan bulan depan untuk seksi 1, 2, 3 akan diresmikan oleh Bapak Presiden," ujarnya saat media gathering di Museum Maritim, Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Usai Merger, Pelindo Inbreng Saham Anak Usaha ke Subholding

Jalan Tol Cibitung - Cilincing yang merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Outer Ring Road (JORR) .

Jalan tol Jakarta-Cilincing memiliki 4 seksi yang totalnya sepanjang 34,4 kilometer (km) dan memiliki 5 buah Simpang Susun (Interchange), yakni SS Cibitung, SS Telaga Asih, SS Tambelang, SS Tarumajaya, dan SS Cilincing.

Pada 2021, Jalan Tol Cibitung - Cilincing Seksi 1 ruas SS Cibitung – Telaga Asih sepanjang 2,6 Km sudah resmi dioperasikan.

Per Maret 2022, Seksi Seksi 2 ruas Telaga Asih –Muara Bakti sepanjang 10,3 km progresnya mencapai 98,76 persen.

Kemudian Seksi 3 ruas Muara Bakti– Kanal Banjir Timur sepanjang 14,35 km progresnya mencapai 99,14 persen telah memasuki konstruksi tahap akhir dan akan dilakukan Uji Laik Fungsi.

Selanjutnya Seksi 4 ruas Kanal Banjir Timur–Cilincing sepanjang 7,2 km progresnya mencapai 66,14 persen.

Jalan Tol ini akan menghubungkan sekaligus memperlancar konektivitas logistik, industri, hingga mobilitas masyarakat yang terhubung dari Cibitung hingga Cilincing yakni mulai dari Jalan Tol Jakarta–Cikampek di bagian selatan dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian utara.

Nantinya Jalan Tol ini juga mendukung akses logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara hingga kawasan industri di sekitarnya, serta akan menyambung dengan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung.

Baca juga: Tekan Biaya Logistik, Pelindo Fokus Integrasikan Pelabuhan dengan Kawasan Industri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com