Kompas.com - 19/05/2022, 16:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) memutuskan menebar dividen tunai sebesar Rp 35 per saham. Rencana itu telah disetujui pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar hari ini Kamis (19/5/2022).

Direktur Kalbe Farma Bernadus Karmin Winata mengatakan, jika dibandingkan dengan laba bersih Kalbe tahun 2021 yang sebesar Rp 67,9 per saham, maka pembagian dividen tersebut setara 51,5 persen dari laba bersih atau sekitar Rp 1,63 triliun.

"Pembagian dividen yang sudah disetujui sebesar Rp 35 per lembar saham," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: 10 Emiten Bagi-bagi Dividen Setelah Libur Lebaran, Cek Jadwalnya

Menurut dia, besaran pembagian dividen itu konsisten dengan strategi dividend payout Kalbe yang tetap dipertahankan di rasio 45-55 persen. Bernadus juga mencermati bahwa payout ratio perseroan secara gradual terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Diperkirakan sebulan setelah RUPST kami akan melakukan distribusi dari dividen ini," kata Bernadus.

Selain menyetujui pembagian dividen, dalam RUPST juga menyetujui pengunduran diri Lucky Surjadi Slamet dari posisi Komisaris Independen Kalbe yang mulai efektif sejak 17 Mei 2022. Di sisi lain, pemegang saham menyetujui pengangkatan Rhenald Kasali menjadi Komisaris Independen.

Tak hanya itu, dalam RUPST pemegang saham turut sepakat atas pengesahan Laporan Tahunan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021.

Baca juga: Agar Tak Salah, Kenali Istilah–istilah yang Sering Muncul saat Pembagian Dividen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.