Sepanjang Kuartal I 2022, Pendapatan GOTO Tumbuh 53 Persen Jadi Rp 5,2 Triliun

Kompas.com - 30/05/2022, 18:54 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mencatatkan pertumbuhan pendapatan bruto 53 persen menjadi Rp 5,2 triliun. Sementara itu, pendapatan bersih juga naik 7,14 persen menjadi Rp 1,5 triliun, dibanding periode sebelumnya Rp 1,4 triliun.

“Kombinasi Gojek dan Tokopedia (GoTo), menempatkan kami dalam posisi yang lebih baik lagi untuk melayani konsumen. Kami juga mampu meningkatkan efisiensi operasional, menghadirkan peluang bisnis dengan pendekatan multiplatform serta berinvestasi bagi pertumbuhan dan profitabilitas GoTo,” kata Andre Soelistyo, CEO Grup GoTo secara virtual, Senin (30/5/2022).

Baca juga: Menilik Kronologi Investasi Telkom di GOTO, Masih Cuan...

Andre mengatakan, pada kuartal I 2022 ini perseroan juga mencatatkan pertumbuhan nilai transaksi bruto atau gross transaction value (GTV). Adapun GTV pada periode 3 bulan atau kuartal I, mencapai Rp 139,54 triliun, tumbuh 45,04 persen dari periode yang sama 2021 senilai Rp 96,21 triliun.

GTV merupakan metrik operasional yang mencakup jumlah nilai transaksi dari on-demand services; jumlah nilai produk dan jasa yang tercatat di platform marketplace e-commerce, dan nilai pembayaran yang diproses via platform fintech, tapi tidak termasuk nilai transaksi antar entitas di perusahaan yang dieliminasi saat konsolidasi.

Baca juga: Soal Investasi BUMN di GoTo, Nusron Wahid: Harus Dilihat Jangka Panjang

Secara rinci, capaian kinerja ini ditopang oleh pertumbuhan transaksi teknologi finansial (tekfin) di kuartal I-2022 ini juga melesat paling tinggi yakni 91 persen menjadi Rp 77,31 triliun dari sebelumnya Rp 40,54 triliun, disusul on-demand naik 39,48 persen menjadi Rp 14,45 triliun dari Rp 10,36 triliun dan e-commerce naik 27,66 persen menjadi Rp 65,13 triliun dari sebelumnya Rp 51,02 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.