Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk: Jumlah Karyawan Tesla Bakal Bertambah, tetapi Gajinya Disesuaikan

Kompas.com - 06/06/2022, 09:42 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - CEO Tesla Elon Musk dikabarkan akan melakukan pemangkasan terhadap 10 persen dari total karyawan produsen mobil listrik terbesar itu.

Rencana yang terungkap dalam e-mail para petinggi Tesla itu dibuat Elon sebagai respons dari firasat buruk yang Ia miliki terhadap prospek perekonomian ke depan.

Berdasarkan dokumen pengajuan laporan keuangan 2021, Tesla beserta anak perusahaannya total memiliki 100.000 karyawan hingga penghujung tahun lalu.

Baca juga: Dengan Dana Rp 1,27 Miliar, Tesla Buka Kantor di Thailand

Sebelumnya, pria kelahiran Afrika Selatan itu, juga telah menyurati jajaran eksekutifnya untuk menghentikan sementara rekrutmen karyawan baru.

Klarifikasi Elon

Setelah kabar pengurangan jumlah karyawan Tesla beredar, Elon memberikan klarifikasi melalui sebuah cuitan di akun Twitternya.

Dalam cuitannya, Elon mengatakan, jumlah karyawan justru akan meningkat, namun gaji yang diterima mengalami penyesuaian.

"Total jumlah karyawan akan meningkat, tetapi gaji harus cukup flat," tulis Elon, melalui akun Twitter-nya, dikutip Senin (6/6/2022).

Cuitan itu dibuat Elon sebagai balasan terhadap cuitan akun Twitter @WholeMarsBlog yang menyatakan, jumlah karyawan Tesla akan meningkat dalam kurun waktu 12 bulan ke depan.

Baca juga: Gara-gara Cuitan Soal Politik, Elon Musk Kehilangan Kekayaan Rp 180 Triliun dalam Sehari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com