Pesawat Super Air Jet Delay 3 Jam, Dirut Minta Maaf dan Ungkap Penyebabnya

Kompas.com - 20/06/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat Super Air Jet tipe Airbus 320-200 PK-SJD dengan rute penerbangan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kulon Progo tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) sempat mengalami penundaan keberangkatan selama 3 jam.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (18/6/2022). Awalnya, pesawat tersebut dijadwalkan terbang pukul 17.10 WIB dari Bandara YIA. Namun hingga pukul 19.30 WIB, pesawat tidak kunjung berangkat padahal boarding atau waktu penumpang masuk pesawat sejak pukul 16.40 WIB.

Kejadian itu sempat diunggah oleh akun Tiktok @sumiati_erwin sebagai salah satu penumpang dari pesawat Super Jet Air yang mengalami delay berjam-jam. Pada video itu menunjukkan para penumpang yang ada di dalam pesawat mengeluh karena tak kunjung lepas landas dan meminta kejelasan dari kru pesawat.

"Boarding jam 16.40 tapi sampai jam 19.30 belum terbang-terbang dan kapten pilotnya tidak keluar-keluar... Bagaimana menurut Anda?," tulis postingan tersebut, dikutip Kompas.com, Senin (20/6/2022).

Baca juga: Menhub Ungkap 2 Titik Krusial Selama Pelaksanaan Mudik Lebaran 2022

penyebab pesawat super air jet delay selama 3 jamtangkapan layar akun tik tok penyebab pesawat super air jet delay selama 3 jam

Dirut minta maaf

Direktur Utama (Dirut) Super Air Jet Ari Azhari mengatakan, sebelum penumpang memasuki kabin, pesawat sudah menjalani pengecekan terlebih dahulu oleh teknisi dan pilot. Pesawat pun dinyatakan layak terbang dan aman untuk dioperasikan (safe for flight).

Namun, ketika penumpang sudah masuk ke dalam kabin dan bersiap melakukan penerbangan, terdapat salah satu indikator pada sistem pesawat yang perlu segera dicek. Oleh sebab itu, penerbangan pun menjadi ditunda demi keselamatan.

"Penundaan keberangkatan dikarenakan ada salah satu indikator pada sistem pesawat yang menunjukkan segera dilakukan pengecekan," ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Senin (20/6/2022).

Baca juga: Viral Video Pesawatnya Tak Jadi Terbang, Ini Penjelasan Super Air Jet

"Dalam memastikan serta memenuhi faktor keselamatan dan keamanan, keputusan pilot sangat tepat dengan memutuskan penundaan keberangkatan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta," sambung Ari.

Ia mengatakan, atas penundaan itu seluruh penumpang Super Air Jet diarahkan dan dikembalikan menuju ruang tunggu di terminal keberangkatan. Ari pun meminta maaf karena ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang.

Menurutnya, Super Air Jet juga mempersiapkan penerbangan pengganti menggunakan pesawat lainnya, yaitu Airbus 320-200 beregistrasi PK-SAQ. Pesawat itu sudah menjalani pengecekan dan dinyatakan aman dioperasikan.

"Super Air Jet menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyaman yang timbul dan kami telah menjalankan ketentuan menurut persyaratan yang berlaku," pungkas Ari.

Baca juga: Resmi Mengudara, Intip Gaya Pramugari Super Air Jet

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.