Digugat Irjanto Ongko, Ketua Satgas BLBI: Kami Hadapi...

Kompas.com - 24/06/2022, 16:40 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Satgas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Rionald Silaban bakal menghadapi gugatan hukum dari anak obligor BLBI Kaharudin Ongko, Irjanto Ongko.

Gugatan diajukan karena Satgas BLBI menyita dua aset Irjanto untuk mengembalikan utang ayahnya, Kaharudin Ongko, kepada negara. Kaharudin merupakan obligor Bank Umum Nasional (BUN) dan Bank Arya Panduarta yang menerima dana BLBI tahun 1998.

Gugatan diajukan Irjanto di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta Pusat dengan nomor perkara 157/G/TF/2022/PTUN.JKT.

"Terhadap pertanyaan bahwa ada gugatan dari Irjanto Ongko, ya kami hadapi. Setiap orang kan berhak (mengajukan gugatan)," kata Rionald Silaban dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Baca juga: Belum Bayar Utang, Satgas BLBI Sita Lapangan Golf Milik Besan Setnov

Rio mengungkapkan, penyitaan atas tanah dan bangunan milik Irjanto sudah berdasarkan dokumen Master Refinancing And Note Issuance Agreement (MRNIA).

Dokumen menyebutkan, utang akan diteruskan kepada keturunan para obligor/debitor dan menyebut nama-nama keluarga yang terkait dengan Kaharudin Ongko, termasuk nama Irjanto Ongko.

Lagipula satgas sempat menegaskan akan mengejar obligor/debitor BLBI hingga garis keturunan.

"Jadi kita sudah melihat dokumen MRNIA yang kita punya dan di situ disebutkan mana yang terkait itu. Kita melakukan penyitaan itu tentu bukan tanpa dasar. Ada dasarnya," beber Rionald.

Namun, pria yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Kekayaan Negara ini mempersilakan siapapun mengemukakan pendapatnya, termasuk mengambil langkah hukum.

Intinya kata Rio, Satgas BLBI akan tetap menghadapi gugatan apapun yang diajukan oleh obligor maupun keturunannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.