Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 3 Tips agar UMKM Tembus Pasar Global

Kompas.com - 30/06/2022, 19:30 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cita-cita tebesar UMKM dalam memasarkan produknya adalah bisa menembus pasar global. Dengan tembus pasar global, tentu skala binsis UMKM tersebut lebih besar bahkan omzet yang didapatkan juga lebih banyak.

Senior Vice President Digital Ecosistyem Project XPora BNI J. Donny Bima Herjuno membeberkan setidaknya ada 3 tips yang bisa dilakukan UMKM jika ingin tembus pasar global.

"Pertama kunci sukses UMKM go global adalah semuanya harus ada informasi. Untuk dapat informasi UMKM harus rajin mengakses informasi atau bisa juga mengikuti pelatihan-pelatihan ekspor go global," ujarnya dalam Bronis UMKM : Tips UMKM Bisa Tembus Pasar Ekspor yang disiarkan Kompas.com lewat akun Instagramnya, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Tips Startup Hadapi Gelombang PHK dan Fenomena Bubble Burst ala AC Ventures

Donny menjelaskan di tengah pandemi seperti saat ini, banyak sekali pembelajaran online yang bisa diikuti oleh UMKM. Baik lewat kanal youtube, instagram hingga diskusi webinar.

"Bisa cari ilmu dari situ berbagai hal, bagaimana mempersiapkan menjadi seorang eksportir, bagaimana membuat produk, hingga bagaimana akses ke pasar global," jelasnya.

Baca juga: Mau Investasi di Kripto? Ingat Harus Punya Dana Cadangan Dulu!

Tips yang kedua adalah miliki produk yang spesial yang dijagokan.

Menurut dia dengan memiliki produk yang dijagokan, biasanya UMKM bisa lebih fokus untuk mengembangkan produk jagoannya tersebut. "Produk yang dijagokan tersebut juga harus dilihat apakah benar-benar si UMKM bisa menguasainya? Paham cara buatnya dan apakah dibutuhkan pasar?," bebernya.

Tips yang ketiga dalah ikuti komunitas yang berpeluang membuka akses pasar.

Donny mengatakan, saat ini sudah banyak jaringan komunitas yang membantu UMKM atau anggotanya untuk berkembang.

Baca juga: Ini Salah Satu Penyebab Biaya Pernikahan Mahal

Dia menyebutkan, komunitas ini bisa didapatkan entah darimana saja. Bisa lewat kanal kementerian hingga perusahaan BUMN.

"Seperti BNI misalnya. Kita ada program Xpora BNI yang membantu UMKM anggota kita bisa membukakan mereka ke pasar yang lebih luas lagi, ke pasar global," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com