Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Langkah INACA untuk Bantu Pemulihan Industri Penerbangan

Kompas.com - 30/06/2022, 20:59 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia National Air Carriers Association (INACA) terus berupaya membantu industri penerbangan untuk bergairah kembali setelah pandemi Covid-19.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan, industri penerbangan terpukul oleh adanya pandemi. Hal ini tidak hanya terjadi di dalam negeri tetapi juga secara global.

Namun, INACA selaku wadah perusahaan penerbangan Indonesia, tidak ingin berpangku tangan meratapi hal tersebut.

Oleh karenanya, INACA mengaku melakukan berbagai terobosan agar sektor transportasi udara di Tanah Air kembali bergairah dan bangkit kembali.

Salah satunya dengan cara melobi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk melakukan penyesuaian tarif yaitu melalui biaya tuslah bahan bakar (fuel surcharge) beberapa bulan lalu.

Baca juga: 3 Alasan Lion Air Minta Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Dinaikkan

"Saat kenaikan harga avtur dunia, kami dari INACA langsung melakukan pendekatan dengan regulator dan usulan kami disetujui. Di mana perusahaan maskapai bisa menerapkan biaya tuslah bahan bakar (fuel surcharge) hingga 10 persen di atas tarif batas atas (TBA)," ujar Denon dalam keterangan tertulis, Kamis (30/6/2022).

Tidak hanya itu, INACA juga mengaku melakukan pendekatan dan diskusi dengan pemerintah daerah, pemerintah kabupaten, dan pemerintah Kota agar tidak melakukan penutupan akses penerbangan bagi maskapai yang ingin melayani jasa penerbangan.

Sebab, selama pandemi beberapa daerah menutup akses transportasi udara sehingga maskapai tidak dapat memberikan layanan penerbangan.

"Untuk ini kami melakukan pendekatan kepada para kepala daerah dan alhamdulillah mereka mengizinkan anggota kami untuk menerbangi daerah itu yang tentunya dengan melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat," jelas Denon.

Baca juga: Bikin Rugi, Garuda Indonesia Setop Operasikan Pesawat Bombardier CRJ-1000 dan ATR 72-600

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com