Simak 2 Langkah Mudah Sisihkan Dana untuk Kurban Idul Adha

Kompas.com - 01/07/2022, 06:00 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak lama lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha, yang identik dengan memotong hewan Kurban. Bagi umat muslim yang mampu, memotong hewan kurban mungkin bukan menjadi kendala, utamanya jika berbicara soal budgeting.

Namun, berbeda halnya jika Anda memiliki penghasilan pas – pasan, namun tetap ingin berkurban tahun ini. Caranya, sudah pastilah dengan menabung atau menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk membeli hewan kurban, baik itu sapi maupun kambing.

Baca juga: Perhatikan Dua Hal Ini Sebelum Membeli Hewan Kurban

Lalu, bagaimana caranya untuk menyisihkan dana membeli hewan kurban?

Mahendra Koesumawardhana, Unit Usaha Syariah, Division Head Bank OCBC NISP mengatakan, ada dua hal yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan dana membeli hewan kurban, yang pertama pastikan budget untuk membeli hewan kurban.

“Kedua, sisihkan dana secara rutin melalui tabungan. Anda bisa mulai menyisihkan dana dalam bentuk tabungan kurban, untuk membeli hewan kurban sesuai target dana tersebut,” kata Mahendra dalam siaran pers, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Berkat Kurban Online, Penghimpunan Dana Kurban Dompet Dhuafa Melonjak 60 Persen

Untuk lebih jelasnya, simak dua tips sisihkan dana kurban berikut ini:

1. Tetapkan Target Dana untuk Berkurban

Faktanya, harga hewan kurban tiap tahunnya meningkat, dengan selisih kenaikan mencapai beberapa ratus ribu sampai jutaan rupiah. Oleh karena itu, jika ingin mengumpulkan dana kurban untuk tahun yang akan datang, sebaiknya Anda melakukan mark-up target dana Anda.

“Sebagai contoh, tahun ini harga kambing seberat 35 kg adalah Rp 2,2 juta per ekor. Maka target dana Anda untuk kurban tahun depan sebaiknya berada di kisaran Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta per ekor,” kata Mahendra.

Baca juga: Kementan Pastikan Stok Hewan Kurban Aman, Surplus 391.258 Ekor

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.