Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulap Limbah Jagung jadi Produk Kerajinan, Pemuda Ini Dapat Hadiah dari Sandiaga Uno

Kompas.com - 03/07/2022, 07:58 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Widosari, Samigaluh, Kulon Progo, DIY. Dalam kesempatan tersebut dia menemui Ade Kurniawan (21), seorang pemuda yang memanfaatkan limbah jagung menjadi kerajinan.

Awalnya, Sandiaga Uno berkeliling stand suvenir di lokasi Desa Wisata Widosari dan bertemu Ade. Tak lama berselang, dia mendatangi Ade di sebuah pendopo dan memberikan kejutan bantuan.

"Saya langsung memanggil tim untuk mencarikan kebutuhan Mas Ade ini karena produk-produknya menurut saya punya keunikan tersendiri," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/7/2022).

Baca juga: Puji Produk UMKM, Sandiaga Uno: Keren Banget, Saya Sih Amaze Banget...

Sandiaga Uno pun berdialog dengan Ade. Sebab, pemuda tersebut bisa memanfaatkan limbah jagung menjadi produk yang bernilai.

"Nanti kita jadikan sebagai sebuah inspirasi yang bermanfaat bagi anak-anak muda. Dibikinin juga tuh lukisan saya. Mirip juga, dari jagung juga ya," ucapnya

Dalam rangka bentuk dukungan untuk Ade, Sandiaga Uno memberikan bantuan berupa sejumlah mesin yang membantu kegiatan produksinya. Di antaranya seperti mesin bor, mesin gerinda, mesin gergaji, hingga mesin amplas.

"Ini akan saya antarkan langsung, ini mesinnya. Ini dia mesinnya yang dibutuhkan, sudah ada di sini untuk membantu alat produksi," katanya.

Baca juga: Sandiaga Uno: Emak-emak UMKM Harus Jadi Ujung Tombak Atasi Krisis Pangan dan Energi

Adapun kedatangan Sandiaga Uno ke Desa Wisata Widosari terkait program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Sebab, desa tersebut terpilih sebagai 50 besar desa/kampung wisata terbaik.

Desa ini menawarkan wisata alam seperti Puncak Widosari dan kebun teh Kemadon. Lalu, ada pula Rajendra Farm di mana pengunjung bisa melihat domba-domba dan kambing.

Pengunjung juga bisa melihat sejumlah kesenian seperti wayang kulit, kuda lumping, tari bangilun hingga tari lengger tapeng. Adapula beragam kuliner seperti teh sangrai Widosari, kopi, dan enting-enting jahe.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Mahal, Ini Upaya Sandiaga Uno

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com