Kembangkan Bisnis UMKM, Peran Swasta dan BUMN Sangat Dinanti

Kompas.com - 08/08/2022, 17:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Peran swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sangat dinanti untuk membantu pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Hal itu mengemuka dalam gelaran Indonesian CEO Talk yang digeral oleh Obsession Media Group (OMG). Adapun tema yang diusung adalah Mendorong Peran Swasta dan BUMN dalam Menggerakkan Ekonomi Nasional Melalui Realisasi Stimulus Bagi UMKM.

Chairman of OMG Usamah Hisyam mengatakan, Indonesia CEO Talk merupakan satu forum bagi para pengusaha usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Karena dalam forum inilah kita bisa mempertemukan pandangan-pandangan dari pihak swasta, BUMN dan juga pengusaha UMKM termasuk pemerintah,” ujar Usamah dalam siaran pers, dikutip Senin (8/8/2022).

Baca juga: Jaga Ketahanan Energi Nasional, Pertamina Maksimalkan Kinerja Operasi

Ia menambahkan Presiden Jokowi sudah secara sungguh-sungguh memberikan intervensi terhadap upaya untuk menggerakkan ekonomi nasional.

“Hal itu terbukti dari jumlah kucuran APBN mencapai Rp 451 triliun untuk sektor kesehatan dan juga bantuan-bantuan sosial bagi UMKM melalui beberapa lembaga keuangan bank maupun perusahaan-perusahaan BUMN,” imbuh dia.

Sementara, Menteri Koperasi UKM RI Teten Masduki mengungkapkan, UMKM dan koperasi adalah fondasi ekonomi nasional yang populasinya mencapai 99,9 persen dari total pelaku usaha di Indonesia.

"UMKM adalah backbone atau tulang punggung perekonomian nasional yang menyerap 97 persen lapangan kerja dan ini hampir sama dengan angka mikro yang memang mencapai 96 persen," jelas dia.

Baca juga: Hubungan China dan Taiwan Memanas, RI Dinilai Bisa Lakukan Penetrasi Ekspor

Ia menjelaskan, selama kurang lebih tiga tahun ini pemerintah terus berusaha membenahi ekosistem UMKM dan koperasi. Hal ini supaya UMKM selama pandemi bisa bertahan dan pasca-pandemi bisa melakukan transformasi menjadi tumbuh besar, sehingga tidak lagi didominasi oleh mikro.

“Ada banyak hal yang sudah pemerintah lakukan selama pandemi, seperti terus mendorong kemudahan akses pembiayaan baik melalui hibah untuk usaha mikro yang belum bebas lewat program produktif usaha mikro,” terangnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.