Digiserve by Telkom Indonesia Sediakan Teknologi SD-WAN, Apa Itu?

Kompas.com - 14/08/2022, 09:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Digital Aplikasi Solusi atau lebih dikenal sebagai Digiserve by Telkom Indonesia mengadopsi teknologi Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN). Layanan SD-WAN disediakan untuk mengakomodasi kebutuhan di era digital.

Presiden Direktur Digiserve by Telkom Indonesia Ahmad Hartono mengatakan, teknologi SD-WAN membuat jaringan semakin lincah, fleksibel, terukur, konsisten, dan aman dalam operasionalnya.

Teknologi itu juga mampu memudahkan dan menyederhanakan pengelolaan konektivitas jarak jauh melalui aplikasi real-time dengan biaya yang lebih efisien. Ini yang membuat banyak perusahaan berpindah menggunakan teknologi SD-WAN.

Baca juga: Pertamina, PLN, BRI, Telkom Masuk 5 Perusahaan Terbesar di RI, Ini Kata Erick Thohir

“Digiserve by Telkom Indonesia sebagai salah satu perusahaan IT managed services menghadirkan layanan total managed SD-WAN, sekaligus sebagai satu-satunya provider yang menyediakan layanan tersebut di Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/8/2022).

Ia mengatakan, perusahaan berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, termasuk yang sudah menggunakan layanan SD-WAN Digiserve. Pihaknya akan terus melakukan inovasi, baik produk maupun layanan untuk kepuasan pelanggan.

Sebagai managed services provider (MSP), Digiverse memiliki total managed SD-WAN yang memberikan empat nilai utama bagi penggunanya, yaitu total konektivitas, total teknologi, total layanan dukungan, dan total Bisnis. Layanan ini pun sudah bersertifikat ISO 20001.

Menurut VP Customer & Operation Management Digiserve Dian Ruslaini, layanan SD-WAN Digiserve mampu memaksimalkan kerja departemen IT yang bukan merupakan kompetensi utama pelanggan.

"Dengan menggunakan layanan yang dikelola Digiserve justru lebih andal dan memungkinkan pelanggan mengalokasikan sumber daya mereka yang terbatas untuk lebih fokus mengembangkan bisnis mereka," kata dia.

Sebagai informasi. SD-WAN kini menjadi rujukan bagi banyak perusahaan, terutama yang memiliki banyak cabang untuk mengadopsi teknologi SD-WAN.

Berdasarkan riset Fortinet, salah satu partner Digiserve untuk teknologi SD-WAN, menunjukkan bahwa semakin massifnya penggunaan produk teknologi tersebut.

Tercatat, koresponden yang menyatakan bahwa SD-WAN mampu mempercepat proses transformasi atau akselearsi digital sebesar 69 persen, kerja darimana saja 52 persen dan ramsomware pledge 67 persen.

Teknologi SD-WAN memang dinilai sangat akomodatif terhadap kebutuhan perusahaan. Terlebih di tengah pandemi yang memunculkan pola kerja flexible working arrangement, salah satunya yaitu work from home (WFH).

Dengan menggunakan SD-WAN, perusahaan dapat menggunakan bandwidth secara efisien untuk mengatasi biaya operasional yang tinggi serta memudahkan instalasi dan pengaturan di setiap entitas organisasi, bahkan cabang yang sulit terjangkau sekalipun.

Baca juga: Telkom Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp 13,31 Triliun pada Semester I-2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.