Erick Thohir: Gunakan QRIS, Pedagang Pasar dan Pelaku UMKM Naik Kelas

Kompas.com - 14/08/2022, 11:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, program percepatan digitalisasi transaksi di pasar tradisional membawa dampak positif.

Contohnya, percepatan digitalisasi yang dilakukan Bank Mandiri di Pasar Caringin, Bandung membawa manfaat bagi pedagang dan perbankan dalam mendorong tingkat inklusi keuangan di Indonesia.

"Saya apresiasi program Bank Mandiri yang menginisiasi Livin’ Pasar di Pasar Caringin ini. Kemarin dilakukan di Yogyakarta, Pasar Beringharjo. Program ini akan memberi banyak manfaat bagi pedagang sehingga saya terus dorong agar direplikasi di sebagian besar pasar rakyat atau tradisional," ujar Erick Thohir, saat berkunjung di Pasar Induk Caringin, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Ada Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan di Sarinah, Erick Thohir: Momen Milenial Kenali Sejarah RI

Ia menambahkan, digitalisasi pasar yang mensinergikan pemerintah pusat, daerah dan regulator akan memberi dampak positif.

"Berupa peningkatan kegiatan transaksi non tunai ke depan sehingga akan banyak pedagang dan pelaku UMKM naik kelas," imbuh dia.

Dalam kunjungannya tersebut, Erick berdialog dengan beberapa pedagang pasar induk swasta terbesar di Bandung itu.

Beberapa di antaranya adalah Rizal (27), anak muda yang meneruskan usaha orang tuanya berjualan buah-buahan.

Selain itu, ada Muhammad, pedagang jengkol dalam partai besar, dan Saedah yang menjual sayuran secara grosir.

Mereka mewakili 1.530 pedagang di Pasar Caringin yang sudah menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) Livin Usaha Bank Mandiri untuk bertransaksi.

"Tadi saya ngobrol dengan mereka, dan meski baru, tapi mereka merasakan transaksi cashless ini membantu berjualan secara grosir," ucap Erick.

"Jika semakin banyak pedagang merasakan manfaat dan kemudahan bertransaksi secara non tunai, maka tentu tingkat inklusi keuangan kita juga akan makin meningkat," timpal dia.

Dalam kesempatan itu, Erick juga menyaksikan penandatangan MOU antara Bank Mandiri dengan Badan Pengelola Pusat Perdagangan Caringin (BP3C) untuk penerapan transaksi digital di pasar tersebut.

Kunjungan Erick ke Pasar Caringin, Bandung tersebut didampingi Bank Mandiri Regional CEO Kanwil Jawa 1 Bandung Wisnu Trihanggodo dan Bank Mandiri Regional Transaction Costumer Head Jawa I Briyan Nugroho.

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Ari Respati Jadi Dirut Baru ITDC

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.