Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Transfer BI Fast Bisa Lebih Murah dari Rp 2.500

Kompas.com - 30/08/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) berupaya untuk memberikan layanan transfer antarbank melalui BI Fast dengan biaya yang terjangkau bagi masyarakat.

Kepala Grup Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) BI Fitria Irmi Triswati mengatakan, ke depannya biaya transfer BI Fast yang saat ini Rp 2.500 per transaksi sangat mungkin diturunkan.

Hal ini lantaran BI ingin mendukung UMKM agar dapat melakukan transfer antarbank tanpa terbebani biaya transfer lantaran perputaran uang di UMKM sangat cepat.

"Ke depannya tentu biaya transaksi BI Fast ini sangat mungkin diturunkan mungkin secara bertahap," ujarnya saat Taklimat Media, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: Luhut Dorong Masyarakat Beralih ke Kendaraan Listrik agar Impor BBM Berkurang

Dia menjelaskan, biaya transfer BI Fast dapat lebih murah dengan memperhatikan keberlangsungan banyak faktor dan berdasarkan evaluasi berkala BI.

Terlebih, BI berencana memperluas layanan BI Fast sehingga ke depan BI Fast tidak hanya melayani transfer antar bank (credit transfer) tetapi juga dapat melayani direct debit, bulk credit, dan request for payment pada tahun 2023.

Setelah itu, BI juga akan memperluas layanan BI Fast ke sistem pembayaran ritel antarnegara atau cross border payment.

"Tentunya kita mempertimbangkan potensi transaksi ke depan, apalagi ini sejalan dengan perluasan layanan yang tidak hanya credit transfer," jelas Fitria.

Baca juga: Baru 1 Bank Asing Jadi Peserta BI Fast, BI Ungkap Penyebabnya

Dia melanjutkan semakin banyaknya jumlah peserta BI Fast juga menjadi pertimbangan untuk BI menurunkan biaya transfer BI Fast.

Sebab sejak 21 Desember 2021, peserta BI Fast sudah mencapai 77 peserta dari bank dan lembaga nonbank di mana ini sudah mencakup 85 persen pasar sistem pembayaran ritel nasional.

"Peningkatan transaksi juga diharapkan datang dari perluasan bank peserta dengan batch-batch selanjutnya dan juga perluasan kanal. Sehingga betul, sangat dimungkinkan biaya transaksi BI Fast ke depannya dapat lebih murah," tuturnya.

Baca juga: Gema Knalpot Purbalingga, dari Dusun Pesayangan hingga Diakui Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+