Cara Cek Penerima BSU Tahap 3 yang Cair Pekan Ini

Kompas.com - 26/09/2022, 20:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap 3 akan dilakukan pekan ini. BSU tahap 3 sebesar Rp 600.000 ini diberikan kepada pekerja yang memenuhi syarat dan lolos verifikasi data. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan pihaknya telah memproses pencairan BSU tahap 3.

"Saat ini kita sedang proses untuk (BSU) tahap ke-3. Bisa besok (Senin) atau lusa sudah berproses," kata dia saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (25/9/2022).

Penyaluran BSU 2022 tahap 3 itu merupakan kelanjutan dari tahap 2 yang sudah dicairkan pada Selasa (20/9/2022) lalu.

Baca juga: Cerita Luhut ke AS, Ungkap Banyak Masalah Kelautan Saat Bertemu Majelis Umum PBB

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menegaskan program BSU 2022 bertujuan untuk meringankan para pekerja/buruh dalam memenuhi keperluan sehari-hari sebagai akibat dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"BSU ini adalah pengalihan subsidi BBM yang diterima langsung oleh para pekerja/buruh. Mudah-mudahan BSU ini memberikan manfaat yang besar untuk para pekerja/buruh di Indonesia," ucapnya.

"Jika para pekerja tidak diikutkan dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan, berarti tidak ada jalan untuk mendapatkan BSU 2022," katanya.

Ida menambahkan target penerima BSU 2022 ini sejumlah 14,6 juta pekerja atau buruh dengan total anggaran Rp 8,8 triliun.

Baca juga: Merdeka Finansial: Bisa Memisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Sebagaimana diketahui, penerima BSU 2022 merupakan pekerja yang memenuhi syarat sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh.

Syarat penerima BSU 2022 adalah sebagai berikut:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.