Fokuskan Bank Mayora Jadi Bank Digital Khusus UMKM, BNI Akan Tawarkan Bunga Kredit Lebih Rendah

Kompas.com - 28/09/2022, 12:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI telah mencaplok Bank Mayora dan akan memfokuskan bank tersebut menjadi bank digital khusus UMKM.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, melalui bank digital ini pihaknya akan menawarkan bunga kredit lebih rendah dari bank lainnya untuk nasabah.

Pasalnya, biaya operasional (operating cost), biaya pengelolaan (handling cost) bank digital jauh lebih rendah dibanding bank konvensional.

Baca juga: BNI Akan Sulap Bank Mayora Jadi Bank Digital Khusus UMKM di 2023

"Kita harap ini akan menjadi suatu terobosan untuk bunga lebih rendah, jangkauan masuk ke debitur jauh lebih banyak karena operating cost-nya didesain jauh lebih rendah," ujarnya saat rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR RI, Selasa (27/9/2022).

Menurutnya, bank digital BNI dapat menjadi terobosan untuk melayani nasabah UMKM yang selama ini penanganannya membutuhkan biaya yang besar jika ditangani menggunakan platform yang ada.

Ditargetkan bank digital BNI khusus UMKM dapat mulai beroperasi penuh pada Kuartal I 2023, meskipun saat ini sudah mulai beroperasi.

"Makanya kami akan menjadi first UMKM digital. Kami tidak bisa buru-buru, kami perlu waktu. Mudah-mudahan awal tahun depan, sekarang sih sudah beroperasi," ungkapnya.

Dia berharap bank digital khusus UMKM ini dapat menambah sumber pendapatan perseroan dan membantu pertumbuhan sektor UMKM sehingga dapat turut berkontribusi pada perekonomian nasional.

Baca juga: Akuisisi Rampung, Bank Mayora Jadi Senjata BNI dalam Persaingan Bank Digital

"Sekarang ini banyak bank digital itu lebih banyak ke konsumer. Kalau kita memang akan mendeklarasikan kalau kita akan lebih ke UMKM. Ini akan menjadi sumber-sumber funding baru dan akan membuat bank menjadi lebih sustain untuk tumbuh ke depan," tukasnya.

Sebagai informasi, BNI resmi mengambil alih 63,92 persen saham PT Bank Mayora, bank swasta yang identik dengan perusahaan produsen biskuit dan permen, Grup Mayora.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.