Hampir Rampung, Pembangunan Pelabuhan Laut Sanur Bali Capai 94 Persen

Kompas.com - 07/10/2022, 10:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Pelabuhan Laut Sanur, Bali sudah hampir rampung yakni progresnya sudah mencapai 94,13 persen. Progres pengerjaan ini maju dari rencana sebesar 2,67 persen yang seharusnya dalam rencana mencapai 91,46 persen.

"Jadi bisa dikatakan proyek pembangunan Pelabuhan Laut Sanur mengalami kemajuan yang signifikan,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Arif Toha dalam keterangannya, Jumat (7/10/2022).

Menurutnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun akan meninjau langsung progres pembangunan Pelabuhan Laut Sanur pada hari ini.

Baca juga: Kemenhub Lakukan Uji Coba Sandar Kapal di Pelabuhan Sanur

Arif menjabarkan, secara rinci progres lingkup pekerjaan Pelabuhan Laut Sanur yaitu pekerjaan persiapan mencapai 93,25 persen, breakwater 1 (sisi selatan) 99,34 persen, breakwater 2 (sisi utara) 100 persen, pengerukan 74,17 persen, talud 98,4 persen, area pengembangan 98,87 persen, dermaga apung 96,45 persen, fasilitas darat 70,54 persen, hingga sistem manajemen keselamatan konstruksi (SMKK) 82,68 persen.

Sebelumnya, uji coba sandar kapal di dermaga apung Pelabuhan Laut Sanur juga sudah dilakukan pada 22 September 2022 lalu yang hasilnya berjalan lancar. Uji coba dilakukan menggunakan kapal KM. El Rey De Reyes dengan total penumpang 45 wisatawan asing bertujuan ke Pulau Nusa Penida.

“Maka dengan adanya Pelabuhan Laut Sanur ini sangat membantu wisatawan dan masyarakat lokal menuju Pulau Nusa Penida. Selain untuk wisata bagi wisatawan dengan rata-rata 2000 orang per hari, masyarakat lokal melakukan ibadah di Pulau Nusa Penida,” papar Arif.

Baca juga: Progres Pembangunan Pelabuhan Sanur Capai 87 Persen, Target Rampung September 2022

G20

Di sisi lain, seiring dengan akan diselenggarakannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November mendatang, pembangunan Pelabuhan Laut Sanur ini sekaligus memfasilitasi para delegasi yang ingin melakukan kunjungan wisata.


Adapun Kemenhub telah memulai pembangunan Pelabuhan Sanur sejak Desember 2020. Pembangunan meliputi pekerjaan jasa konsultansi dan pekerjaan konstruksi (fisik).

Pembangunan dilakukan dalam periode tahun anggaran jamak (multiyears) 2020-2022 yang bersumber dari APBN dengan total anggaran Rp 398 miliar.

Pelabuhan ini akan menampung 26 kapal sandar dengan jenis kapal wisata dengan bobot maksimal 116 GT. Pelabuhan Laut sanur ini akan menghubungkan sejumlah tempat wisata yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.