Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2022, 21:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memastikan uji coba pembayaran tol tanpa berhenti atau multi lane free flow (MLFF) akan dilakukan pada Desember 2022.

Kasubbid Operasi dan Pemeliharaan Bidang OP. Set. BPJT Galuh Permana Waluyo mengatakan, proses pembayaran tol MLFF tanpa berhenti ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS).

Pembayaran masuk tol dengan teknologi ini, kata dia, dilakukan menggunakan aplikasi khusus jalan tol yang bisa diakses melalui smartphone.

Baca juga: Perusahaan Infrastruktur Swasta Ini Bakal Akuisisi 40 Persen Saham Tol Layang MBZ

"Teknologi ini bisa uji coba di Desember akhir tahun, implementasi Maret tapi kita enggak mulai semua ruas tol, dikaji dulu ruasnya ini bergantung teknologi dan masyarakatnya juga," kata Galuh dalam diskusi secara virtual bertajuk "Implementasi Teknologi MLFF di Jalan Tol, Jumat (7/10/2022).

Galuh mengatakan, program pembayaran tol MLFF ini menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dana Badan Usaha (KPBU) yaitu melibatkan PT Roatex Indonesia Till System (RITS).

Perusahaan asal Hungaria ini siap menginvestasikan dana sebesar Rp 4,4 triliun.

"Perusahaan yang berpengalaman di Hungaria, mereka sudah menggunakan teknologi GNSS di sana terhubung juga dengan Uni Eropa lainnya rata-rata penggunaan teknologi ini ada di Eropa," ujarnya.

Baca juga: Fakta Banjir Tol BSD Km 8, gara-gara Sungai Menyempit hingga Ditargetkan Bebas dari Banjir 2023

Lebih lanjut, Galuh mengatakan penggunaan teknologi ini menjadi tantangan berat lantaran masyarakat sudah terbiasa menggunakan uang elektronik untuk membayar tol.

Karenanya, implementasi pembayaran tol tanpa berhenti ini harus melibatkan teknologi dan kesiapan masyarakat.

"Ini tantangan sangat berat karena mungkin tidak semudah migrasi uang tunai ke uang elektronik, tantangan kita harus menyiapkan kesiapan masyarakat juga jadi bukan hanya teknologi," ucap dia.

Baca juga: Penjelasan PUPR dan Pengelola soal Tarif Tol BSD Tidak Digratiskan meski Banjir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com