Tips "Trading" Kripto Saat Pasar Tengah "Bearish"

Kompas.com - 08/11/2022, 20:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar kripto saat ini masih berada dalam kecenderungan turun atau bearish. Ini tercermin dari kapitalisasi pasar kripto yang saat ini berada pada kisaran 974 miliar dollar AS, atau terkoreksi sekitar 55,72 persen dari posisi awal tahun ini di kisaran 2,18 triliun dollar AS.

Seiring dengan merosotnya pasar kripto, tidak sedikit investor kripto yang mengalami kerugian. Namun, masih terdapat juga investor kripto yang mampu mendulang keuntungan di tengah bearish-nya pasar.

Seperti halnya yang dialami oleh Oka, salah satu pemenang Indodax Trading Fest 2022: Trading Beyond The Limits. Selama periode kompetisi trading (2 Agustus-2 September 2022), Oka berhasil mendapatkan return of investment (ROI) sebesar lebih dari 3.600 persen.

Baca juga: Investor Beralih ke Platform Trading Luar Negeri, Volume Transaksi Kripto Anjlok

Oka menyadari, kondisi harga Bitcoin dan kripto lainnya memang tidak naik seperti dua tahun terakhir. Tetapi manajemen keuangan yang baik menjadi salah satu kunci keberhasilannya dalam mendapatkan keuntungan yang fantastis tersebut.

"Ditambah lagi dengan memilih altcoin yang tepat. Karena Indodax memiliki banyak alternatif coin selain Bitcoin, Ethereum, dan kripto lainnya," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Selasa (8/11/2022).

Lebih lanjut ia membeberkan, trading kripto harus memahami segitiga trading, yaitu analisa teknikal, manajemen modal, dan pengendalian psikologi yang baik. Analisa teknikal dapat menganalisa pergerakan candle dan membaca tren pasar.

Sedangkan manajemen modal dapat mengendalikan risiko dengan mengatur jumlah modal yang masuk ke market. Pengendalian psikologi dapat menentukan kapan saatnya buy dan sell.

Baca juga: Bappebti Kawal Kripto Tak Jadi Mata Uang, Ini Alasannya

"Dari hal ini kita juga dapat mengendalikan fear and greed," kata Oka.

Sementara itu, CEO Indodax Oscar Darmawan berharap acara trading contest dapat meningkatkan literasi masyarakat terhadap investasi aset digital. Terutama bagi pemenang yang dapat menginspirasi trader-trader lainnya.

"Saya senang dengan tingginya antusiasme peserta mengikuti Indodax Trading Fest 2022: Trading Beyond The Limits," ucap Oscar.

Baca juga: Muncul Wacana Pengawasan Aset Kripto Bakal Dialihkan ke OJK, Ini Respons Bappebti

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual kripto. Segala rekomendasi dan analisa dari analis yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.