Cerita Sukses Bakso Damas dari Berjualan Keliling Hingga Bisa Bertahan di Tengah Pandemi

Kompas.com - 20/11/2022, 07:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbicara kuliner di Kota Malang, makanan yang langsung terlintas di pikiran adalah bakso.

Ada salah satu bakso yang sudah legendaris di Malang, yang menjadi pioner menawarkan konsep bakso prasmanan yaitu Bakso Damas.

Bakso Damas asal Malang, bermula dari usaha keluarga yang berdiri sejak 1993 silam, kini usahanya dikembangkan oleh anaknya sendiri Angga Setyawan.

Pemilik Usaha Bakso Damas, Angga Setyawan menceritakan, usaha ini bermula dari sang ayah yang menjual bakso keliling dengan sepeda kayuh, sampai akhirnya bisa mendirikan outlet pertama dua tahun kemudian.

Baca juga: Cerita Devina, dari Penikmat Jadi Pebisnis Teh, Kini Berdayakan Ratusan Petani dari 20 Perkebunan Se-Indonesia

"Tahun 1995, kita bisa mendirikan outlet. Bertambahnya tahun, kini kita sudah semakin besar ya," ujar Angga dalam jumpa pers Tokopedia yang diselenggarakan belum lama ini.

Adapun asal nama brand baksonya "Damas" adalah lantaran para pelanggan saat ayahnya masih berjualan keliling dipanggilah oleh pelanggan 'Damas-damas beli baksonya'.

"Dari situ akhirnya diberi nama Damas agar pelanggan yang lama itu tahu kalau Bakso Damas tetap ada disitu," katanya.

Untuk perkembangannya sendiri, Angga mengatakan, menu yang disediakan masih standart seperti bakso biasanya yaitu bakso halus, kasar, tahu, siomay dan gorengan bulat, mekar maupun usus. Namun sekarang mereka memiliki 30 varian produk.

Angga mengaku, bukan hal yang mudah membuka usahanya tersebut. Namun mereka memiliki tantangan dan hambatannya sendiri, salah satunya adalah ketika Pandemi Covid-19.

"Selama pandemi kemarin ini, usaha kuliner ini turun drastis, 60 persen penurunan omzet dan kami juga tidak bisa buka toko," jelas Angga.

Baca juga: Kisah Sukses Dewi Ekha, dari Buruh Pabrik hingga Ekspor Bulu Mata Palsu ke 16 Negara

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.