Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Proyek IKN, Perusahaan Ini Tambah Portofolio Bisnis Hotel di Balikpapan

Kompas.com - 08/12/2022, 15:46 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wulandari Bangun Laksana, Tbk (BSBK) menambah portofolio bisnis hotel lantaran ada proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal ini dilakukan seiring dengan pertumbuhan kinerja bisnis hotel BSBK sepanjang tahun 2022.

"Perseroan memanfaatkan momentum ini untuk mengembangkan kawasan Balikpapan Superblock, salah satunya dengan menyelesaikan pembangunan Pentacity Hotel," kata Direktur Operasional Wulandari Bangun Laksana, Tjia Daniel Wirawan, dalam siaran pers Kamis (8/12/2022).

Tjia mengatakan, kawasan Balikpapan Superblock saat ini menjadi salah satu tujuan investasi oleh berbagai kalangan lantaran rencana pemindahan ibu kota. Hadirnya Pentacity Hotel diharapkan dapat mendukung kinerja bisnis perseroan kedepannya.

Baca juga: Ada Potensi Resesi, Skema Pembiayaan Kreatif Proyek IKN Nusantara Terus Digenjot

"Hadirnya Pentacity Hotel menambah jumlah hotel yang telah ada yaitu hotel berbintang 5 Grand Jatra Hotel Balikpapan, hotel berbintang 4 Astara Hotel, dan hotel berbintang 2 J-Icon dengan kamar yang berada di kawasan Balikpapan Superblock menjadi 782 kamar," kata Tjia.

Sebagai informasi, pada kuartal III-2022, Grand Jatra Hotel Balikpapan mencatat pertumbuhan occupancy rate menjadi 78,12 persen, naik dibanding periode sama tahun lalu yang hanya 53,69 persen. Adapun occupansi rate Astara Hotel tumbuh 53,69 persen pada kuartal III-2022 dibandingkan dengan 31,43 persen di kuartal III-2021. 

Peningkatan occupancy rate Grand Jatra Hotel Balikpapan dan Hotel Astara didorong oleh menurunnya angka Covid-19 di Kota Balikpapan. Sebagai informasi, Pentacity Hotel memiliki 176 jumlah kamar yang didukung dengan fasilitas beach club hingga wedding chappel.

Baca juga: Awas Penipuan! Jangan Asal Install Aplikasi BCA


Dia bilang, pembangunan IKN Nusantara memiliki jarak yang dekat dengan Kota Balikpapan, memberikan kontribusi positif untuk perekonomian Balikpapan.

Tjia berharap Pentacity Hotel akan turut mendorong jumlah occupancy atau tamu hotel, seperti bisnis BSBK lainnya. Ia juga berharap kehadiran hotel baru ini akan membawa multiplier effect di kawasan tersebut.

"Kami berharap Pentacity Hotel bisa membawa multiplier effect bagi para pelaku usaha, karyawan dan pengunjung Balikpapan Superblok, yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja Perseroan," kata Tjia.

Baca juga: Bos Mattel Sebut Produk Mainan Barbie dan Hotwheels 70 Persen Gunakan Bahan Baku Lokal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+