Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Nielsen: Vidio, Disney Hotstar, dan Netflix Paling Banyak Diakses di Mobile Streaming

Kompas.com - 08/12/2022, 18:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei Nielsen menunjukkan bahwa platform streaming Vidio paling banyak diakses masyarakat di 11 kota di Indonesia menggunakan smartphone.

Executive Director Nielsen Media Hellen Katherina mengatakan, setelah Vidio, platform streaming yang banyak diakses menggunakan smartphone adalah Disney+ Hotstar dan Netflix.

Adapun survei ini dilakukan selama periode Juli-Agustus 2022 di 11 kota yakni Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, dan Surakarta.

"Peningkatan konsumsi mobile streaming didorong oleh platfrom regional dan lokal yaitu, Vidio (4.4 persen), Disney+ Hotstar (2.0 persen), Netflix (1.6 persen), Viu (1.0 persen), RCTI+ (0.9 persen)," kata Hellen dalam paparannya di Millenium Centennial Center, Jakarta, Rabu (8/12/2022).

Baca juga: Nielsen: Belanja Iklan Naik 7 Persen di Semester I-2022, TV Masih Mendominasi

Hellen mengatakan, peningkatan akses terhadap internet dan kepemilikan smartphone telah mendorong streaming di mobile.

Ia mengatakan, mobile streaming menjangkau lebih dari 80 persen pemirsa TV dan ditonton rata-rata 9 jam per bulan. Sementara untuk "Heavy user" dapat menghabiskan 28 jam per bulan.

"Namun, angka ini masih jauh di bawah rata-rata waktu menonton TV mencapainya 80 jam per bulan," ujarnya.

Karakter berbeda

Hellen juga mengatakan, tiga paltform streaming yang banyak diakses masyarakat memiliki karakter dan segmen penonton masing-masing.

Dalam paparannya, Vidio paling banyak diakses untuk menonton konten lokal dan olahraga. Sedangkan, pengguna Netflix banyak menonton film dan serial internasional.

"Disney Hotstar film anak dan keluarga, Viu konten Asia khususnya Korea, RCTI+ konten olahraga dan sinetron, dan iQiyi konten Asia dan kecantikan," tuturnya.

Untuk diketahui, metodologi survei rating konten streaming ini dilakukan dengan alat peoplemeter Nielsen yang dipasang di TV rumah tangga panel untuk menangkap kebiasaan menonton TV linear dan Nielsen mobile meter app yang ada di smartphone panel menangkan kebiasaan menonton streaming via mobile.

Adapun jumlah sampel untuk TV panel sebanyak 11.500 orang dan 3.700 orang untuk mobile panel dengan usia di atas 10 tahun. Kemudian cakupan kepermisaan aplikasi yaitu YouTube, Vidio, Viu, Netflix, RCTI+, di iQIYI, dan Vision.

Baca juga: Jejak Bos MNC Group Hary Tanoe: Protes Siaran TV Digital, Pernah Gugat YouTube dan Netflix Dkk

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+