Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekanan IHSG Berlanjut hingga Akhir Pekan, Simak Rekomendasi Saham Ini

Kompas.com - 09/12/2022, 07:40 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 14,53 poin atau 0,21 persen ke posisi 6.804,23 pada sesi perdagangan Kamis (8/12/2022). Ini menjadi kali keenam secara berturut-turut indeks Bursa Efek Indonesia (BEI) terkoreksi.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyebutkan, pada akhir pekan pertama Desember ini, pergerakan IHSG masih terkonsolidasi. Tekanan ini diproyeksi berlanjut pada Jumat (9/12/2022) hari ini.

Namun demikian, Ia bilang, tekanan berpotensi menurun pada pengujung pekan. Menurutnya, peluang teknikal rebound berpotensi terjadi pada sesi perdagangan hari ini.

"Peluang teknikal rebound mulai terlihat walaupun kenaikan yang mungkin terjadi masih berada dalam rentang terbatas," kata dia dalam risetnya, Kamis.

Baca juga: IHSG Kemarin Tertekan, 10 Saham Ini Banyak Diborong Asing

Oleh karenanya, ia memproyeksi, pada hari ini IHSG berpotensi tertekan dengan rentang terbatas, dan peluang rebound secara teknikal. IHSG diprediksi bergerak pada rentang 6.721-7.027.

"Momentum tekanan merupakan momentum berharga bagi investor jangka menengah dan panjang dikarenakan harapan akan kondisi yang kian membaik di tahun mendatang," tuturnya.

Pada sesi perdagangan kali ini, saham yang menarik untuk diperhatikan versi William ialah BBCA, AALI, INDF, BBRI, TBIG, CTRA, LSIP dan SMRA.

Baca juga: Simak 10 Saham Paling Diminati Investor Pada Perdagangan Kemarin

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menyebutkan, IHSG berpotensi rebound pada hari ini. Namun menurutnya, indeks bursa saham nasional berpotensi melanjutkan koreksi wave (c) menurut skenario pola koreksi triangle menuju 6.655 sebagai support berikutnya apabila IHSG tetap di bawah 6.868.

Lebih lanjut Ia bilang, level support IHSG berada di 6.679, 6.655, dan 6.600. Sementara level resistennya berada di 6.868, 6.912, dan 7.000.

"Berdasarkan indikator MACD mengindikasikan momentum bearish," ucapnya.

Untuk perdagangan hari ini, Ivab merekomendasikan saham CPIN (buy on weakness), ANTM (accumulative buy), INDF (accumulative buy), HRUM (trading buy), dan INKP (trading buy).

Baca juga: Penjelasan GOTO soal Anjloknya Harga Saham

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis atau sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+