Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Antrean di Puncak Nataru, ASDP: Beli Tiket Online Ferizy H-1 Keberangkatan

Kompas.com - 22/12/2022, 19:28 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau seluruh calon penumpang yang akan bepergian melakukan pemesanan tiket ferry maksimal H-1 keberangkatan untuk menghindari antrean.

"Penumpang lintas Merak-Bakauheni, dan Ketapang-Gilimanuk wajib beli tiket via Ferizy, karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan," kata Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam keterangannya, Kamis (22/12/2022).

Sementara itu, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, pihaknya telah meningkatkan peningkatan kapasitas pelabuhan dan kapal, serta penerapan sistem operasional terkait pengaturan kendaraan melalui mekanisme delaying system.

"Delaying system dilakukan sebagai langkah filterisasi kendaraan pengguna jasa di sejumlah Rest Area sebagai lokasi bufferzone," kata Ira.

Baca juga: Tiket Kapal Feri untuk Libur Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan H-60 via Ferizy

Selain itu, Ira mengatakan, ASDP telah berkoordinasi dengan para pemerintah daerah, Kakorlantas Polri hingga Kapolda untuk membahas kesiapan layanan selama libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023.

"Kami bergerak cepat, selesai perhelatan Lebaran lalu, kami segera berkoordinasi dengan Gubernur Banten, Gubernur Lampung, Gubernur Jawa Timur, Kakorlantas Polri, Kapolda Banten, Kapolda Lampung, Kapolda Jawa Timur, Kapolda Bali, Kadishub Provinsi Jawa Timur, untuk membahas kesiapan layanan Nataru," ujarnya.

Ira mengatakan, ASDP menerapkan screening penumpang dengan memberikan stiker sebagai penanda bagi kendaraan yang sudah memiliki tiket dan tiba sesuai jam layanan untuk selanjutnya diarahkan menuju pelabuhan.

Baca juga: Layanan Tiket Ferizy ASDP Sudah Terintegrasi dengan PeduliLindungi

Pos screening ini, lanjutnya, diimplementasikan di sejumlah titik menuju pelabuhan yaitu, untuk Merak akan berada di Rest Area Tol Tangerang Merak KM 13, KM 43 dan KM 68, Exit Tol Merak, Cikuasa Atas, dan Cikuasa Bawah.

"Untuk Bakauheni, pos screening akan tersebar di Rest Area KM 87B, KM 67B, KM 49B, KM 33B, KM 20B dan jalur arteri di RM Gunung Jati dan Ex Terminal Agribisnis. Sementara untuk di Ketapang, berada di Terminal Bus Sritanjung dan di Gilimanuk akan berada di Terminal Kargo," tuturnya.

Lebih lanjut, Ira mengatakan, pihaknya menyiapkan kontingensi pro aktif terkait rencana pengoperasian 5 unit kapal perbantuan di lintas Ciwandan - Panjang yang akan diterapkan untuk mengurai antrean di masa puncak arus Natal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com