Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Meski Gejolak Global Akan Berlanjut, Mandiri Sekuritas Optimistis IHSG Capai Level 7.510 di Akhir 2023

Kompas.com - 24/01/2023, 16:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mandiri Sekuritas tetap optimistis Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan bergerak positif di tahun ini meski gejolak global diprediksi masih tetap akan berlanjut.

Direktur Capital Market Mandiri Sekuritas Silva Halim mengatakan, secara valuasi, IHSG lebih menarik dibandingkan dengan indeks pasar saham negara-negara berkembang lainnya. Dengan tingkat pertumbuhan earnings per share (EPS) sebesar 17 persen di luar sektor komoditas.

Selain itu, kinerja IHSG tahun ini juga ditopang oleh kondisi likuiditas perbankan yang masih besar dan struktur neraca perdagangan yang jauh lebih baik.

Baca juga: IHSG Parkir di Zona Merah, 3 Emiten Ini Turun Paling Dalam di Indeks LQ45

"Kami memproyeksikan IHSG di akhir tahun 2023 akan mencapai 7.510," ujarnya saat konferensi pers, Selasa (24/1/2023).

Kendati demikian, dia memperkirakan di Semester I 2023, IHSG akan sedikit terdampak country rotation akibat keputusan China membuka kembali pembatasan zero Covid-19 yang lebih cepat dari perkiraan investor.

Namun, secara keseluruhan, dia optimistis kinerja pasar modal Indonesia akan tetap resilient di 2023 seperti tahun 2022 di mana IHSG tercatat menguat 4,09 persen secara tahunan dengan non-resident membukukan net buy sebesar Rp 60,58 triliun.

Baca juga: Dibuka Menguat, IHSG Awal Sesi Tembus Level 6.900

"Kami di Mandiri Sekuritas optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia dan pasar modal akan tetap resilient di tahun 2023 sama seperti tahun 2022," tuturnya.

Dilansir dari data RTI, pada perdagangan Selasa (24/1/2023), IHSG dibuka menguat ke 6.902,30. Setelah itu, indeks saham bergerak cenderung melemah, di mana pada akhirnya sesi I perdagangan ditutup turun 24,67 poin atau 0,36 persen ke level 6.850.

Statistik bursa menunjukkan 247 saham menguat, 276 melemah, dan 184 lainnya stagnan. Jumlah transaksi siang ini terpantau mencapai Rp 4,54 triliun dengan volume transaksi mencapai 13,53 miliar saham.

Baca juga: IHSG Berpotensi Lanjutkan Kenaikan, Cermati Saham-saham Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+