Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Akhlak BUMN, Arti, dan Panduan Perilakunya

Kompas.com - 18/02/2023, 09:14 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - AKHLAK BUMN mungkin sering kita dengar belakangan ini. Nilai AKHLAK BUMN ini pertama kali dipopulerkan saat Erick Thohir menjabat sebagai Menteri BUMN periode 2019-2024.

Bahkan, nilai AKHLAK BUMN sangat lazim digunakan dalam materi soal seleksi penerimaan karyawan di perusahaan negara sejak beberapa tahun terakhir.

Selain perlu diketahui para para pendaftar rekrutmen perusahaan pelat merah, nilai AKHLAK BUMN tentunya wajib diketahui para karyawan BUMN.

Bukan hanya di BUMN, nilai AKHLAK BUMN ini juga wajib diimplementasikan di anak perusahaan serta perusahaan afiliasi terkonsolidasi dengan BUMN.

Baca juga: Berapa Jumlah BUMN di China dan Mengapa Mereka Begitu Perkasa?

Mengenal AKHLAK BUMN

Dikutip dari laman resmi Kementerian BUMN, AKHLAK BUMN adalah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Masing-masing nilai memiliki penjabarannya sendiri untuk penerapan kode etik dan kode perilaku yang akan diterapkan di Kementerian BUMN.

AKHLAK BUMN adalah panduan perilaku dari setiap sumber daya manusia (SDM) BUMN untuk diimplementasikan dalam perilaku keseharian dan membentuk budaya kerja di BUMN.

Nilai-nilai AKHLAK BUMB wajib diimplementasikan oleh seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan-perusahaan BUMN.

Nilai-nilai utama AKHLAK BUMN dituangkan dalam Surat Edaran Menteri BUMN SE-7/MBU/07/2020 tentang Nilai-nilau Utama (Core Values) Sumber Daya Manusia BUMN.

Baca juga: Daftar 7 BUMN Terbesar di Indonesia dari Sisi Aset, Siapa Juaranya?

Core values berupa AKHLAK BUMN ditetapkan sebagai identitas dan perekat budaya kerja yang didukung peningkatan kinerja secara berkelanjutan.

Nilai AKHLAK BUMN kemudian semakin dipertegas Kementerian BUMN dengan meluncurkan logo AKHLAK BUMN pada Juli 2020.

Logo baru AKHLAK BUMN ini sekaligus menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan.

Nilai AKHLAK BUMN mulai diperkenalkan di era Erick Thohir.KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Nilai AKHLAK BUMN mulai diperkenalkan di era Erick Thohir.

Jenis-jenis AKHLAK BUMN

Berikut jenis arti nilai AKHLAK BUMN dan panduannya:

1. Amanah

Definisi amanah AKHLAK BUMN adalah memegang teguh kepercayaan yang diberikan. Setiap sumber daya manusia BUMN harus memiliki sifat amanah yang tecermin dari:

  • Memenuhi janji dan komitmen
  • Bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan yang dilakukan
  • Berpegang teguh pada nilai moral dan etika.

2. Kompeten

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com