Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Keterampilan Kerja yang Paling Dibutuhkan Perusahaan

Kompas.com - 27/02/2023, 12:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com – Meletakkan daftar keterampilan Anda dalam resume kerja diniliai cukup penting bagi para pemberi kerja dalam hal memberi penilaian lebih lanjut. Hal ini sangat penting dilakukan bagi Anda yang ingin segera mendapatkan pekerjaan baru.

Dikutip dari CNBC, mayoritas perusahaan atau 76 persen dari total perusahaan global menggunakan keterampilan karyawannya untuk mengisi posisi di tempat kerja, dan lebih dari setengahnya atau sekitar 55 persen perusahaan memanfaatkan keterampilan khususus.

Angka tersebut berdasarkan survei TestGorilla, perusahaan teknologi SDM yang berbasis di Amsterdam, pada Oktober 2022, terhadap 2.736 pemberi kerja di Amerika Serikat, Inggris, dan negara lain.

Baca juga: Simak 6 Soft Skill Dunia Kerja yang Harus Dikuasai di Usia 20-an

LinkedIn menyebutkan, keterampilan yang dicari oleh manajer perekrutan, juga mengalami perubahan dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja. Namun, keterampilan teknis termasuk analitik, penjualan, kepemimpinan, dan komunikasi, menjadi lebih populer dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk membantu pencari kerja menentukan keterampilan mana yang disorot pada resume mereka, LinkedIn mengidentifikasi 10 keterampilan teratas yang sangat dibutuhkan oleh pemberi kerja saat ini.

Baca juga: Menaker: Di Era Disrupsi, Santri Harus Punya Skill dan Menguasai Bahasa Asing

 


Keterampilan ini dinilai paling sering muncul dalam deskripsi pekerjaan untuk pekerjaan terbuka dan berbayar antara April dan Oktober 2022 di LinkedIn, dan merupakan keterampilan paling umum yang dimiliki orang-orang yang dipekerjakan atau dihubungi di LinkedIn oleh perekrut di profil mereka.

Adapun 10 keterampilan tersebut mencakup, pengelolaan, komunikasi, pelayanan pelanggan, kepemimpinan, penjualan, manajemen proyek, riset, kemampuan analisis, pemasaran, dan kerja tim.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com